Analisis Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Ummu Fikriyah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Arif Antika Sakti Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • M. Nurul Huda Lukman Aji Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Maria Ulfa Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Khodiatus Suaibah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik

Keywords:

Pendidikan Humanistik, Merdeka Belajar

Abstract

Pendidikan humanistik menurut pandangan Ki Hajar Dewantara merupakan konsep pendidikan yang membentuk anak didik menjadi manusia yang merdeka lahir dan batin, sehingga dibentuknya suatu kurikulum merdeka belajar adalah untuk membantu guru dan peserta didik agar dapat merdeka dalam berpikir serta dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kreativitas dalam dirinya sesuai dengan potensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi pustaka, teknik pengumpulan data melalui buku, teks jurnal, dan surat kabar. Hasil analisis, Pembentukan kurikulum merdeka belajar memiliki relevansi dengan pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara yang diterapkan melalui beberapa kebijakan merdeka belajar. Gagasan dari proses pendidikan Ki Hajar dewantara yaitu menggunakan metode among dan panca dharma, terealisasikan ke dalam program sekolah dan guru penggerak serta pembentukan karakter pelajar pancasila dan pengembangan keterampilan peserta didik yang berkaitan dengan keterampilan berpikir kritis, problem solving serta kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Ammas, S. (2021). Pembelajaran daring dalam perspektif merdeka belajar. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 2(1), 35-45.

Ardipal, A. (2012). Pendidikan seni yang humanis dengan pembaharuan pendidikan dan pembelajaran melalui penanaman empat pilar pendidikan. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 11(2). https://doi.org/10.24036/komposisi.v11i2.87

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (fokus: model mbkm program studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Barudin, B. (2019). Menyemai implementasi pendidikan humanistik pada abad 21 dalam kurikulum 2013. El-Tarbawi, 12(1), 55–63. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss1.art4

Budiono, B. (2017). Pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 7(1), 42–53. https://doi.org/10.33367/intelektual.v7i1.360

Freire, P. (2002). Politik pendidikan: Kebudayaan, kekuasaan, dan pembebasan (diterjemahkan Prihantoro, A & Fudiyartanto, F. A. trans). Pustaka Pelajar & READ

Huda, N. (2019). Pendekatan–pendekatan pengembangan kurikulum. Qudwatuna, 2(2), 175-197.

Hudaya, S., & Supriyanto, A. (2020). Pendidikan humanistik holistik sebagai arah konsep pendidikan merdeka belajar di indonesia. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, 292–299. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/428

Indrayani, N. (2019). Sistem among Ki Hajar Dewantara dalam era revolusi industri 4.0. 384–400. https://doi.org/10.31227/osf.io/ah7xf

Kemendikbud. (2021) Kemendikbud luncurkan merdeka belajar episode 7: Program sekolah penggerak. Diakses pada 7 Agustus 2021, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-luncurkan-merdeka-belajarepisode-7-program-sekolah-penggerak.

Kurniawan, Y. (2020). Implementasi merdeka belajar berdasarkan ajaran tamansiswa dalam pembelajaran bahasa inggris lembaga kursus kelas anak-anak. Pada Seminar Nasional Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, 103–109.

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Marisa, M. (2021). Curriculum innovation “independent learning” In the era of society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 66-78.

Media Indonesia. (2019). Merdeka belajar menuju pendidikan ideal. Media Indonesia. Diakses pada 6 Agustus 2021, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/278427/merdeka-belajar-menujupendidikan-ideal.

Musyafa, H. (2017). Ki Hajar sebuah memoar. Imania.

Noviani, Y., Rajab, R. M., & Hashifah, A. N. (2017). Pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam konteks pendidikan kontemporer di Indonesia. Pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 20, 2–11.

Praptono. (2020). Penguatan pendidikan karakter pada era merdeka belajar. Prosiding Seminar Nasional LP3M, 5, 1-5. http://proceeding.semnaslp3m.unesa.ac.id/index.php/Artikel/article/view/60

Putri, I. A. E. (2012). Konsep pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam pandangan Islam. Tesis tidak diterbitkan, IAIN Walisongo.

Riana, F. (2021). Nadiem Makarim ajak masyarakat hidupkan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Amirullah, (Ed). Tempo.co. Diakses pada 6 Agustus 2021, dari https://nasional.tempo.co/read/1458509/nadiem-makarim-ajak-masyarakat-hidupkanpemikiran-ki-hajar-dewantara.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1-12.

Setiyadi, D. (2016). Kurikulum humanistik dan pendidikan karakter: sebuah gagasan pengembangan kurikulum masa depan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaranes, 1(01), 26–39. https://doi.org/10.25273/pe.v1i01.33

Suryaman, M. (2020). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 13–28.

Wardhana, I. P., S, L. A., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep pendidikan taman siswa sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional merdeka belajar di Indonesia. Pada Seminar Nasional, 232–242.

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. B. (2017). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yanuarti, E. (2018). Pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489

Zed, M. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Ummu Fikriyah, Arif Antika Sakti, M. Nurul Huda Lukman Aji, Maria Ulfa, & Khodiatus Suaibah. (2023). Analisis Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Journal Educatione, 1(1), 62–81. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/50