Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Di Upt Satuan Pendidikan SDN Ngabar

Authors

  • Dian Kurniasih Wahyusari Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Mila Hayati Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Ulfatur Rosidah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Rodhotul Khanana Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Erik Eka Suryana Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • M. Furqon Wahyudi Universitas Gresik
  • Taufiq Harris Universitas Gresik

Keywords:

Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Mutu Pendidikan

Abstract

Strategi Kepala Sekolah merupakan seni dan pengetahuan yang diperoleh seorang kepala sekolah dalam merumuskan, mengimplementasikan, mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memudahkan organisasi dalam pencapaian tujuan. Guru merupakan kunci keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Dalam mewujudkan visi SDN Ngabar tersebut tentunya ada peran Sumber Daya Guru yang profesional, sebagai penunjang yang mampu menyelenggarakan pendidikan secara utuh dan menyeluruh yang termuat serta dapat meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ngabar Kab. Pasuruan.

Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi Kepala Sekolah dalam pengembangan Kompetensi guru di SDN Ngabar Kraton Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Informan penelitian yaitu kepala sekolah,staff dan guru.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru ialah: 1) pada aspek kepribadian dengan pembinaan dan pengawasan kepada guru terkait dengan proses pembelajaran di kelas; 2) pada aspek pedagogik dengan memberikan motivasi dan contoh yang baik pada guru untuk selalu berbuat yang terbaik untuk peserta didik dan kemajuan lembaga; 3) aspek sosial dengan cara menciptakan nuansa kebersamaan dan keharmonisan dengan meningkatkan komunikasi antar dewan guru sehingga tercipta suasana yang guyub rukun dalam lingkungan sekolah; dan 4) aspek profesional dengan cara mengadakan pembinaan disiplin guru, mengikut sertakan guru dalam kegiatan pelatihan, lokakarya, diklat, seminar, KKG, MGMP.

References

Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional, Bandung: Alfabeta.

Anwar, Moch Idochi. 2013. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidi-kan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia. Basrowi dan Suwandi, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Me-dia.

Dimyati, Hamdan. 2014. Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Kepu-tusan. Bandung: Pustaka Setia

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pen-dekatan Teoretis Psikologis). Jakarta: Rineka Cipta

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 2007. Kamus Inggris Indonesia : An English-Indonesia Dictionary. Jakarta : PT. Gramedia.

Fatimah, Sari. 2018. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mening-katkan Mutu Pendidikan. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Fattah, Nanang. 2010. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2014. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen, Dasar, Pengertian, Dan Masalah (Edisi Revisi). Ja-karta: PT. Bumi Aksara.

Hubberman, Miles dan Jhonny Saldana. 2104. Analisis Data Kualitatif. Edisi 3.Penterjemah Tjejep Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Husein Umar, Strategic Management in Action, (Jakarta: Gramedia Pustaka, 2001), h.31

Ismail Solihin, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Erlangga, 2009), h.131

Jalil, Jasman. 2014. Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas PTK. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Komariah, Aan dan Cepi Triatna. 2006. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bandung : Bumi Aksara.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja RoSDNakarya.

Makbuloh, Deden. 2011. Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mantja, W. 2005. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media.

Maskawimbang, Jerry H. 2011. Supervisi Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Moeheriono, 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moekijat. 2008. Evaluasi Pelatihan Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas. Bandung: Mandar Maju.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakar-ya.

Mulyadi. 2010. Kepemimpinian Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Penerbit: Badan Litbang dan diklat kementerian Agama RI.

Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2016. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. Dedi. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mochammad Fathan Solikhulhadi. Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Guru Untuk Meningkatkan Mutu Vol 2 Nomor 2 2021 : 1-14 Dirasat dari alamat https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/issue/view/62

M. Furqon Wahyudi, “Ragam Dan Bentuk Kebijakan Strategis Transformatif

Pendidikan Islam,” Journal of Islamic Elementary Education 1, no. 1 (2023):

–13.

Munir, Abdullah. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Nurfuadi. 2012. Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press.

Padget, Deborah K. 2004. The Quality Research Experience. Canada: Thomson Learning.

Pelatihan Keterampilan Manajerial SPMK : (Doc. 28-10-1014).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto, Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qomar, Mujamil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional dan Guru dan Tenaga Kependidi-kan, Bandung: Alfabeta.

Samani, Muclas, dkk. 2009. Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Santoso, Ananda dan A.R. Al Hanif. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Penerbit: Alumni Surabaya.

Siagian. 2003. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Stronge, James H. dan Holly B. Richard. 2013. Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif. Ja-karta: Permata Puri Media.

Sudarwin, Danim. 2010. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesion-alisme Tenaga Kependidikan.. Bandung: Alfabeta.

Suderadjat, Hari. 2015. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: Cipta Cekasa Grafika.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suharsimi,ProsedurPenelitian(Jakarta:PTRinekaCipta.2013),183

Sulhan, Muwahid. 2013. Model Kepemimpinan Kepala Madrasah. Yogyakarta: Teras.

Suluh, Melkianus. Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan. Vol. 2 (1). 2018:1-9. Dirasat dari alamat https://media.neliti.com/media/publications/287943-perspektifpendidikan- nasional-88d47998.pdf.

Syafaruddin. 2005. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta : Grasindo.

Syaikh, Abdullah bin Muhammad Alu. 2014. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 9. Penerbit : Pustaka Imam As-Syafi’i.

Tim Penyusun IAIN Jember. 2018. Penulisan Karya Ilmiah Pascasarjana. Jember: IAIN Jember Press.

Triton. 2007. Manajemen Strategis Terapan Perusahaan dan Bisnis, Yogyakarta: Tugu Pub-liser.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, B. Hamzah. 2013. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Agus. 2013. Akuntabilitas Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar. Wibowo, Agus. 2014. Manager Dan Leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yakub dan Vico Hisbanarto. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogya-karta: Graha Ilmu

Yulmawati. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidi-kan SDN Negeri 03 Sunga yang. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol. 1 (2). 2016:1-13. Dirasat dari alamat https://media.neliti.com/media/publications/230864strategikepemimpinan- kepala -sekolah-dal-e19209bb.pdf.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Dian Kurniasih Wahyusari, Mila Hayati, Ulfatur Rosidah, Rodhotul Khanana, Erik Eka Suryana, M. Furqon Wahyudi, & Taufiq Harris. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Di Upt Satuan Pendidikan SDN Ngabar. Journal Educatione, 1(1), 31–48. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/31