Desain Manajemen Gerakan Literasi Sekolah: Perspektif pada sebuah Sekolah di Lamongan

Authors

  • Ahmad Thohirin Universitas Gresik

Keywords:

gerakan literasi sekolah, manajemen program, desain

Abstract

ABSTRACT

Gerakan literasi sekolah (GLS) salah satu program dari Kemendikbud yang bersifat wajib bagi sekolah di Indonesia. Pelibatan guru tenaga kependidikan, siswa serta kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam pengelolaannya. Sebagai manajer puncak kepala sekolah menerapkan fungsi manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controling) pada sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan desain manajemen program literasi sekolah  di MI Muhammadiyah 11 Brondong, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia; dan (2) mengkaji tanggapan guru dan siswa tentang budaya literasi di sekolah tersebut. Desain penelitian yang digunakan ialah deskriptif-eksploratif. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara tak terstruktur. Data bersumber 5 guru dan 20 siswa kemudian dianalisis secara persentase serta analisis kualitatif terdiri kondensasi data, paparan data, dan interpretasi. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menemukan gambaran desan manajemen GLS yang cukup efektif yang melibatkan semua elemen di sekolah serta perilaku manajemen yang dipilih cenderung supportive-fasilitative. Respon positif dari guru dan siswa atas program GLS namun ada aspek yang perlu perbaikan seperti memanfaatkan teknologi serta produktivitas guru dan siswa. Saran untuk perbaikan dan pengembangan profesional guru yang berintegrasi dengan program literasi.

 

 

References

Glickman, C.D., Gordon, S.P. and Ross-Gordon, J.M.,2009. The Basci Guide to Supervison and InstructionalLeadership. Boston: Pearson Education, Inc.

Imam, Ombra A., Abas-Mastura, Maripaz., Jamil, Hajri. Correlation between Reading Comprehension Skills and Students’ Performance in Mathematics. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). Vol.2, No.1, March 2013, pp. 1-8 ISSN: 2252-8822. (2013).

Imam, Ombra A. Effects of Reading Skills on Students’ Performance in Science and Mathematics in Public and Private Secondary Schools. Journal of Education and Learning. Vol. 10 (2) pp. 177-186. (2016).

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kisyani, dkk. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Edisi Revisi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., & Hooper, M. TIMSS 2015 International Results in Science.Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center website: http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/ (2016).

Miles, M.B, Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta: UI-Press

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. TIMSS 2015 International Results in Mathematics.Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center website: http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/ (2016).

OECD. Reading Literacy Framework. Retrieved November 12, 2017. https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%202015%20Reading%20Framework%20.pdf (2015).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti.

Retnaningdyah, Pratiwi, et.al. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Roberson, S. & Summerlin, J. Mathematics and English Language Learners in High School: A Review of the Literature. [Retrieved: http://www.tsusmell.org/downloads/Products/Resource%20Library/MELL_LitReview_HS.pdf . (2005).

Siswono, T.Y.E. 2008. Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unipress Unesa.

Syafaruddin.2010. Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching.

TIMSS & PIRLS. Overview TIMSS and PIRLS 2011. Retrieved November 11, 2017. https://timssandpirls.bc.edu/data-release-2011/pdf/Overview-TIMSS-and-PIRLS-2011-Achievement.pdf (2012).

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Thohirin, A. (2023). Desain Manajemen Gerakan Literasi Sekolah: Perspektif pada sebuah Sekolah di Lamongan. Journal Educatione, 1(1), 10–24. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/16