PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 22 GRESIK

Authors

  • Azizah FKIP Universitas Gresik
  • Siti Bariroh FKIP Universitas Gresik
  • Adrijanti FKIP Universitas Gresik

Keywords:

Kualitas layanan Administrasi, Sarana Prasarana, Kepuasan Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial kualitas layanan administrasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan peserta didik, adakah pengaruh secara simultan kualitas layanan administrasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan peserta didik di UPT SMP Negeri 22 Gresik Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan  rumus slovin sejumlah 90 peserta didik,  teknik pengambilan sampel  secara random bertingkat. Instrument yang digunakan berupa angket yang disebar ke peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial  variabel kualitas  layanan administrasi (X1) terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 atau  t hitung 6,133 > t tabel 1,987608, dan terdapat pengaruh positif secara parsial dari variabel sarana prasarana (X2) terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 atau  t hitung 6,285 > t tabel 1,987608. Sedangkan  pengaruh positif antara kualitas  layanan administrasi (X1) dan sarana prasarana (X2) secara simultan terhadap kepuasan peserta didik (Y) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 nilai f hitung 284,186 > f tabel 3,10Adanya  pengaruh kualitas layanan administrasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan peserta didik UPT SMP Negeri 22 Gresik tersebut ditunjukkan  dengan nilai Adjusted R-squared yaitu 0,864 hal ini menunjukkan nilai pengaruh variable bebas terhadap variable terikat sebesar 86,40% dan sisanya sebesar 13,60% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Amaliyah, A. & Rosdiana. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Belajar Siswa SD YPW Krakatau Steel V Kota Cilegon. Jurnal Mirai Management, 8(3), 347-354. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/5950

Adrijanti.(2023). Pengantar Statistika. Gresik: Unigres Press.

Aqfir & Bustam. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan, Proses Pembelajaran dan Kompetensi Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mujahidin Tolitoli. Jurnal Actual Organization of Economy, 1(1). https://ojs.stiemujahidin.ac.id/index.php/jagoe/article/view/6

Adrijanti, Noorindahwati, Dewi Ayu Nur Aini, & Pipit Dwi Anggraini. (2024). STUDI TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DI TKIT YA BUNAYYA WRINGINANOM GRESIK: Model pembelajaran, Discovery-Inquiry. PROGRESIF, 2(1), 1–14. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/111

Dahrial (2021) Pengaruh Manajemen Sekolah, Guru, Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Siswa Journal homepage: https://jurnalindrainstitute.com/index.php/jec

Hasrawia, Alim N. & Syahrul. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Siswa di Madrasah Aliyah DDI Lemo Bajo. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1).

https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1546

Rahmania, N.C., Redjeki, E.S. & Widianto. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Didik pada LKP Bahasa Inggris di Kota Malang. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(6). https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/39620

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitati R&D).Bandung : Alfabeta`

Titin.(2023).Dunggio Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya https://bisnisman.nusaputra.ac.id/index

yayuklailatul, Adrijanti, & Taufiqharris. (2023). Model Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah MI Nurul Islam Pongangan. PROGRESIF, 1(1). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/3

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Azizah, Siti Bariroh, & Adrijanti. (2024). PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 22 GRESIK. PROGRESIF, 2(2), 12–21. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/364