ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SATUAN UNIT MADRASAH
Keywords:
Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, MadrasahAbstract
Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Muslim yang tidak hanya digunakan untuk beribadah, tetapi juga sebagai tempat untuk mempelajari ilmu agama. Fungsi ini telah ada sejak zaman Rasulullah hingga masa kekhalifahan Bani Saljuk. Pada masa itu, ilmu pengetahuan berkembang pesat, banyak buku diterjemahkan, dan kegiatan pengajian atau halaqoh dari para ulama dan murid semakin bertambah. Karena masjid sebagai pusat pembelajaran tidak lagi mampu menampung jumlah siswa yang belajar, didirikanlah madrasah sebagai tempat khusus untuk belajar agama Islam. Menyadari pentingnya keberadaan madrasah diniyah di lingkungan pondok pesantren, peneliti ingin menggali model kurikulum madrasah dan pengembangannya agar lulusannya memiliki kompetensi yang diharapkan oleh semua pihak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, deskriptif, dan studi pustaka, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang ada dengan mengumpulkan data dari berbagai dokumen yang mendukung penelitian ini melalui studi dokumentasi.
References
Adnan, Mohammad, ‘Evaluasi Kurikulum Sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam’, Al-Idaroh, 1.2 (2017), pp. 108–28
Akhyar, ‘Pengembangan Kurikulum PAI Madrasah Aliyah Berwawasan Multikul-tural’, Toleransi, 5.1 (2013), pp. 1–12
Alfarisi, Salman, ‘Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah’, Rayah Al-Islam, 4.02 (2020), pp. 347–67, doi:10.37274/rais.v4i02.346
Arifai, Ahmad, ‘Pengembangan Kurikulum Pesantren, Madrasah Dan Sekolah’, Raudhah, 3.2 (2018), pp. 1–8
Asfiati, ‘Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pra Dan Pasca Undang-Undang RI Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal’, Studi Multidisipliner, 4.1 (2017), pp. 1–19
Ashari, Nur Azizah, ‘Pengembangan Kurikulum PAI Di Madrasah’, Jurnal Studi Is-lam, 13.2 (2021) <https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur>
Aslan, ‘Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar’, Pendidikan Dan Keguruan, 1.1 (2023), pp. 1–18
Bujangga, Hendriyanto, ‘Analisis Pembelajaran PAI Pada Sekolah Umum’, AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 14.1 (2022), pp. 35–47, doi:10.47498/tadib.v14i1.1063
Didiyanto, ‘Paradigma Pengembangan Kurikulum PAI Di Lembaga Pendidikan’, Edureligia, 1.2 (2017), pp. 1–11
Hadi, Nur, ‘Analisis Kritis Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Indonesia Di Sekolah (SD, SMP, SMA, & SMK)’, EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Educa-tion, 1.1 (2019), pp. 1–16, doi:10.33367/jiee.v1i1.671
Irsad, Muhammad, ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Mad-rasah (Studi Atas Pemikiran Muhaimin)’, Iqra, 2.1 (2016), pp. 1–38
Jailani, M Syahran, ‘Membangun Kepercayaan Data Dalam Penelitian Kualitatif’, Primary Education, 4.2 (2020), pp. 1–5 <http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index>
Mayasari, Annisa, ‘Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Materi PAI Melalui Pro-gram Literasi Keagamaan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah’, Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3.2 (2023), pp. 209–30, doi:10.14421/njpi.2023.v3i2-4
Nasir, Muhammad, ‘Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasah’, Hunafa, 6.3 (2009), pp. 1–26
Nizah, Nuriyatun, ‘Dinamika Madrasah Diniyah : Suatu Tinjauan Historis’, Edukasia, 11.1 (2016), pp. 1–20
Nu’man, Muhammad, and Uci Nurhayati, ‘Komponen Materi Pembelajaran Pen-didikan Agama Islam Dan Orientasinya Pada Madrasah Ibtidaiyah’, KUTTAB, 6.2 (2022), pp. 1–16
Salahuddin, H Marwan, ‘Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah’, Cendikia, 10.1 (2012), pp. 1–13
Siswanto, and Eli Susanti, ‘Evaluasi Program Pendidika Islam’, Jurnal Paramurobi, 2.1 (2019)
Umam, Moch Rizal, and Tasman Hamami, ‘Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah’, AT-TA’DIB, 15.1 (2023), pp. 1–16, doi:10.47498/tadib.v15i1.1556
Zakariyah, Zakariyah, Muhamad Arif, and Nurotul Faidah, ‘Analisis Model Kuriku-lum Pendidikan Agama Islam Di Abad 21’, AT-TA’DIB, 14.1 (2022), pp. 1–13, doi:10.47498/tadib.v14i1.964