MANAJEMEN PROFESIONALITAS GURU MELALUI COACHING

Authors

  • Muhammad Jam'an Universitas Gresik
  • Agus Sofyan
  • Mohammad Nidhom
  • Taufiq Harris Universitas Gresik

Keywords:

manajemen, profesionalitas guru, coaching

Abstract

Manajemen profesionalitas guru melalui coaching menjadi fokus penting dalam mengoptimalkan kualitas pendidikan. Penelitian ini mengeksplorasi praktik coaching dalam konteks pengembangan profesionalisme guru. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis data dari studi literatur dan observasi terhadap guru dan kepala sekolah. Hasilnya menunjukkan bahwa coaching efektif dalam meningkatkan kinerja guru dan profesionalisme mereka. Coaching memberikan dukungan individual yang terfokus pada pengembangan keterampilan pedagogis, refleksi diri, dan penyelesaian masalah. Selain itu, manajemen yang efektif dari proses coaching oleh pemimpin sekolah membantu memperkuat budaya sekolah yang berorientasi pada pembelajaran berkelanjutan. Guru yang menjalani proses coaching merasakan peningkatan motivasi, rasa percaya diri, dan kemandirian dalam menghadapi tantangan pembelajaran. Penelitian ini menyoroti pentingnya investasi dalam pelatihan dan pengembangan profesional guru serta peran kunci pemimpin sekolah dalam mendukung praktik coaching yang efektif. Kesimpulannya, manajemen profesionalitas guru melalui coaching bukan hanya meningkatkan kualitas pengajaran, tetapi juga membentuk budaya sekolah yang progresif dan berorientasi pada pertumbuhan profesional.

References

Tanggulungan, Liliana, and Hotmaulina Sihotang. "Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.3 (2023): 31399-31407.

MARDIYATUN, MARDIYATUN. "Implementasi Coaching individual untuk peningkatan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas." STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran 1.1 (2021): 46-54.

Suarni, Yulita. "Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik dan Coaching." Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 5.3 (2023): 174-178.

Sujarwati, Lilik. "Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Melaksanakan Supervisi Akademik Melalui Kegiatan Coaching dengan Pola In-On-In-On." Jurnal Sosialita 10.2 (2018).

Majid, Abdul. "Penerapan Coaching untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik pada SMP Binaan Dinas Pendidikan kota Banjarmasin." Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan 13.1 (2018).

Putra, Adhitya Dwi. "PENERAPAN COACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI AKADEMIK."

Chaidir, Chaidir. "Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Coaching untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MAN 2 Ketapang Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2018/2019." Ability: Journal of Education and Social Analysis (2021): 70-82.

Yusrianti, Susi. "Penerapan Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepala Madrasah pada Supervisi Pendidikan." Al-fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.2 (2023): 104-120.

Mundilestari, Eryati. "Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Melalui Supervisi Akademik Model Coaching Grow Me Di Sd Negeri Kranggan Kapanewon Galur Tahun Pelajaran 2020/2021." Jurnal Riset Pendidikan Indonesia 2.1 (2022): 109-118.

Susin, Muh. "Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Akademik Kunjungan Kelas Model Coaching di SDN 1 Gondang Kabupaten Kendal." Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 4.2 (2023): 442-452.

Wahyudi, Erik, Sri Utaminingsih, and Erik Aditia Ismaya. "EFEKTIVITAS MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING MOTIRTAR." Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11.5: 1396-1406.

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Muhammad Jam’an, Agus Sofyan, Mohammad Nidhom, & Taufiq Harris. (2025). MANAJEMEN PROFESIONALITAS GURU MELALUI COACHING. Journal Educatione, 1(3), 65–73. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/227