MANAJEMEN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI SDN BAU-JENG II DAN SDN BEJI II PASURUAN)

Authors

  • Bidayah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Lukito Rokhman Hakim Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Lutfiati Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Mili Zakiyah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Rowi Isnawati Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Sobirin Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik

Keywords:

Manajemen Proyek, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka.

Abstract

Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Baujeng II dan SDN Beji II Pasuruan melalui Kurikulum Merdeka bertujuan membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Manajemen proyek ini menghadapi tantangan seperti koordinasi efektif, penggunaan teknologi, dan keterlibatan pihak terkait. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis manajemen proyek serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian melibatkan studi multisitus dengan pendekatan kualitatif, menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan implementasi yang berusaha menyelaraskan kurikulum untuk menguatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa, dengan dukungan masyarakat, kompetensi tenaga pendidik, dan sumber daya yang memadai sebagai faktor pendukung. Tantangan organisasional, perubahan kebijakan, dan keterbatasan sumber daya menjadi faktor penghambat yang perlu dikelola secara efektif.

References

Arwitaningsih, R. P., Dewi, B. F., Rahmawati, E. M., & Khuriyah, K. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 450-468.

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561.

Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661-1674.

Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 56-73.

Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Kurikulum 2013. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96-109.

Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi kebijakan Kurikulum Merdeka dengan pendidikan abad 21 pada pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24-35.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598-612.

Sahudra, T. M., Kenedi, A. K., Syntia, R., Sutrisno, I. H., Sitepu, I. A. B., & Ardiansyah, T. (2023). Pelatihan Pengembangan Dan Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP. MONSU'ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 381-392.

Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369-377..

Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90.

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif asesmen autentik sebagai alat evaluasi dalam merdeka belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53-61.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Bidayah, Lukito Rokhman Hakim, Lutfiati, Mili Zakiyah, Rowi Isnawati, & Sobirin. (2024). MANAJEMEN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI SDN BAU-JENG II DAN SDN BEJI II PASURUAN). Journal Educatione, 1(2). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/224