MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN GRESIK

Authors

  • Abdullah Halim Universitas Gresik
  • Dwi Susanti Universitas Gresik
  • Sulfiya Handayani Universitas Gresik

Keywords:

Manajemen Strategi, Peningkatan Mutu Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Platform Merdeka Mengajar

Abstract

Platform merdeka mengajar (PMM) dibangun untuk menunjang pemanfaatan kurikulum merdeka sehingga dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang kurikulum merdeka dan diharapkan akan meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi sekolah dalam pemanfaatan platform merdeka mengajar pada kurikulum merdeka dan peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dilakukan uji validitas menggunakan teknik triangulasi. Sumber data yang diperoleh dari hasil observasi dibandingkan dengan hasil dari wawancara. Setelah data diperoleh dari lapangan, data kemudian dianalisis dengan reduksi data. Setelah itu penyajian data yang menampilkan data naratif yang menjelaskan hasil dalam penelitian, serta penarikan kesimpulan dengan hasil dari data yang sudah direduksi sehingga dapat dibuat kesimpulan. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh sekolah dalam pemanfaatan platform merdeka mengajar yaitu dengan pembelajaran teman sebaya dan pelaksanaan workshop. Dampak pemanfaatan platform merdeka mengajar yaitu guru mempelajari hal-hal baru terkait kurikulum merdeka, guru mampu melakukan inovasi pembelajaran, meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, serta terjadi pergeseran peran guru. Kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan platform merdeka mengajar yaitu gagap teknologi, beban ganda bagi guru, dan minimnya apresiasi yang diperoleh guru.

References

Anrichal, Raharditya, dan Didi Pramono, “Strategi Adaptasi dan Dampak Implementasi Platform Merdeka Mengajar di SMA Kesatrian 2 Kota Semarang,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.4 (2023), 2197–2209

<https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1687>

Aulia, Desi, Irda Murni, dan Desyandri Desyandri, “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM),” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.1b (2023), 800–807

<https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310>

Baharuddin, “Manajemen Strategik Mutu Pendidikan,” Jurnal Idaarah, III.36 (2019), 155–63

<http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/9793/pdf>

Fadli, Muhammad, “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Muhammad Fadhli Pendahuluan Mutu merupakan sesuatu yang dianggap salah satu bagian penting , karena mutu pada dasarnya menunjukkan keunggulan suatu produk jika dibandingkan dengan produk lainnya . Penignkatan mutu mer,” Jurnal Studi Management Pendidikan, 1.02 (2017), 26

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6090880411673-Apa-Itu-Platform-Merdeka-Mengajar- diakses pada tanggal 7 November 2023 pukul 09.00 WIB

Kemendikbudristek, “Buku Saku Merdeka Belajar,” Merdeka Mengajar, 2023, 1

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6090880411673-Apa-Itu-Platform- Merdeka-Mengajar-

Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10340–10343. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10030/7653

L.J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif, Rake Sarasin, 2022

https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2022). Supervisi Kepala Sekolah: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 422–431. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.48774

Pratiwi, S. N., Prasetia, I., & Gajah, N. (2022). Literacy Culture in Elementary Schools: The Impact of the Literacy Movement Program and Library Facilities. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 786-794.

Purba, A., Widyastuti, A., Soesana, A., Salamun, S., Suesilowati, S., Lestari, R., ... & Simarmata, J. (2022). Strategi Pembelajaran (Suatu Pengantar). Yayasan Kita Menulis

Putra, L. D., & Filianti. (2022). Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125– 138. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315

Rohim, F, dan I Wardini, “Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum Merdeka,” Pengabdian Cendekia, 1.1 (2023), 18–20 <https://journal.iaima.ac.id/pengabdian- cendekia/article/view/63%0Ahttps://journal.iaima.ac.id/pengabdian-cendekia/article/download/63/51>

Siahaan, Amiruddin, Rizki Akmalia, Yuli Amelia, Tiwi Wulandari, dan Suhada Aulia, “1068-Article Text- 2767-1-10-20230121,” 05.02 (2023), 3840–48

Sholihah, R. N., Hamdani, N. A., & Suherman, E. (2023). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Al-Muaddib: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 200–211. https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/Muaddib/article/view/699

Wahyudi, Furqon, Taufiq Harris, Manajemen Pendidikan, dan Pascasarjana Universitas Gresik, “Manajemen Strategi Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Pada Masa Penerapan Kurikulum Merdeka di MTs . - MA,” Cahaya Kampus, 1.1 (2022), 22–38

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Halim, A., Susanti, D. ., & Handayani, S. . (2025). MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Journal Educatione, 1(3), 75–88. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/219