PERAN GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH

Authors

  • Siti Choiriyah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Siti Masruroh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Nuzulul Imamah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Aisyah Laili Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Hatta Kunaifi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik

Keywords:

Guru, Pencegahan Bullying, Lingkungan Sekolah, Dampak, Kendala.

Abstract

Bullying adalah fenomena sosial yang telah menjadi perhatian serius di seluruh dunia. Penelitian ini membahas peran kunci guru dalam upaya mencegah bullying di lingkungan sekolah. Guru memiliki peran utama dalam mengidentifikasi tanda-tanda bullying, mendidik siswa tentang dampak negatif dari perilaku bullying, dan menciptakan budaya sekolah yang aman dan menghargai. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai kendala yang dihadapi guru, seperti kurangnya pelatihan dan keterbatasan waktu, dalam melaksanakan peran pencegahan bullying. Dampak dari peran guru termasuk terbentuknya budaya sekolah yang positif, kesadaran siswa tentang konsekuensi perilaku mereka, perubahan perilaku siswa, peningkatan pelaporan insiden bullying, dan kolaborasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini menyoroti pentingnya mendukung guru dalam peran mereka dalam pencegahan bullying dan mengintegrasikan pendidikan pencegahan bullying dalam program pendidikan guru.

References

Andriani, A.; Bauto, L. O. M.; Tunda, A. Penerapan Fungsi Bimbingan Dan Konseling Dalam Pencegahan Bullying Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Siswa (Studi Di Smpn 10 Kendari ). Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, V. 1, N. 2, 2020.

Angelia, Y. Peran Guru, Orang Tua, Dalam Mencegah Bullying Dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Tk Aisyiysh Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam. Iain Bengkulu, 2018.

Atmojo, B. S. R.; Wardaningsih, S. Peran Guru Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), V. 10, N. 2, 2019.

Fahlefi, F. R.; Hudha, A. M. Implementasi Anti Bullying Dalam Membentuk Sekolah Ramah Anak Di Sd Dan Mi Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, V. 8, N. 1, 2020.

Firmansyah, F. A. Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, V. 2, N. 3, 2022.

Harahap, R. S.; Toni, T. Peran Guru Dalam Pencegahan Bullying Di Sekolah Smks (X) Rantauprapat Ditinjau Dari Peraturan Kemendikbud Nomor 82 Tahun 2015. Research And Development Journal Of Education, V. 9, N. 1, 2023.

Jatmiko, D. Peran Stakeholder Sekolah Dalam Mengatasi Berbagai Macam Kekerasan Di Kalangan Siswa. Nusantara Of Research, V. 04, N. 01, 2017.

Peiyanti, L. Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pencegahan Bullying Di Mi Nurul Huda Kota Bengkulu. E-Repository Perpustakaan Iain Bengkulu, 2020.

Prasetya, Y. A.; Hanim, W.; Fridani, L. Media Buku Cerita Mengenai Bentuk-Bentuk Bullying Dalam Kegiatan Bimbingan Klasikal Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Learning Education And Counseling, V. 2, N. 2, 2019.

Rahmawati, I. S.; Illa, A. Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2020.

Rahmawati, S. W. Peran Iklim Sekolah Terhadap Perundungan. Jurnal Psikologi, V. 43, N. 2, 2016.

Salsabila, H. Et Al. Peran Layanan Khusus Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Dan Menangani Kasus Bullying Di Sekolah. Aulad: Journal On Early Childhood, V. 4, N. 3, 2022.

Sanastasya Tamadarage, P.; Arsyad, L. Peran Guru Pendidikan Agam Islam (Pai) Dalam Meminimalisasi Bullying (Perundungan) Di Mts Negri 1 Kota Gorontalo. 1pekerti: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti, V. 1, N. 2, 2019.

Setyowati, W. E. Pola Asuh Orang Tua Dan Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Adi Husada Nursing Journal, V. 5, N. 1, 2019.

Vacomia, R. K.; Pandia, W. S. S. Perundungan Remaja Di Sekolah Katolik Swasta Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, V. 4, N. 2, 2020

Yandri, H. Peran Guru NWk/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah. Jurnal Pelangi, V. 7, N. 1, 2014.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Siti Choiriyah, Siti Masruroh, Nuzulul Imamah, Aisyah Laili, & Hatta Kunaifi. (2024). PERAN GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH. Journal Educatione, 1(2). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/149