UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN KEHADIRAN GURU MELALUI KETELADANAN KEPALA SEKOLAH DI SDN SIYAR REMBANG PASURUAN

Authors

  • Sohifah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Faridatul Bahiya Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Yuni Surya Dewi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Sri Endah Wahyungsih Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Nur Anita Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik

Keywords:

disiplin kehadiran guru, keteladanan kepala sekolah.

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui keteladanan Kepala Sekolah di SDN Siyar Rembang Pasuruan tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah guru SDN Siyar Rembang Pasuruan sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keteladanan Kepala Sekolah dapat meningkatkan Kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas, dimana pada pelaksanaan pembelajaran pra-siklus pada pertemuan pertama semua Guru hadir tepat waktu, karena merupakan hari pertama sekolah untuk tahun pelajaran 2023/2024. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I ada 12 orang Guru yang terlambat masuk mengajar di kelas, dan setelah pelaksanaan pembelajaran pada siklus II kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas mencapai 80% berdasarkan tanggapan responden (guru) mengenai keteladanan Kepala Sekolah, sedangkan berdasarkan hasil observasi 77 % Guru yang masih terlambat kurang dari 5 menit, karena lokasi sekolah yang jauh dan sulit terjangkau.

References

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Ber-prestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pen-didikan Indonesia. Journal of Administration and Education-al Management (Alignment), 2(2), 157-165.

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran guru profesional sebagai fasilitator dan komunikator dalam kegiatan belajar mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pen-didikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 124-132.

Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pen-didikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.

Jamilah, J. (2019). Kemitraan pendidikan anak usia dini (Sinergi tiga pilar pendidikan: Keluarga, sekolah dan masyarakat). Simulacra, 2(2), 181-194.

Kurniawan, M. N., & Syahrani, S. (2021). Pengadministrasi pendidikan dalam meningkat-kan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 6978.

Mathodah, S. (2019). Kompetensi Manajerial dan Keteladanan Pimpinan terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 2(2), 161-170.

Mulyaningsih, L. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru melalui Keteladanan Kepala Sekolah di SDN 2 Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(1), 37-46.

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Ker-ja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54-64.

Niswah, W. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Ter-hadap Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kabupaten Demak. JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2(1), 43-57.

Oktaviani, N. P. W., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Komitmen Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 69-80.

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58-67.

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabil-itas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155-164.

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal AtTadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(1), 57-66.

Siregar, N. H. (2020). Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 38-48.

Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasi-lan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi Covid-19. DAR ELILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1-16.

Suyitno, S. (2021). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah, Penerapan Disiplin, Dan Pengawasan Terhadap Etos Kerja. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 728737.

Turmidzi, I. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidi-kan di madrasah. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 4(1), 33-49.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Sohifah, Faridatul Bahiya, Yuni Surya Dewi, Sri Endah Wahyungsih, & Nur Anita. (2024). UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN KEHADIRAN GURU MELALUI KETELADANAN KEPALA SEKOLAH DI SDN SIYAR REMBANG PASURUAN. Journal Educatione, 1(2). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/146