ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS PADA UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN BENDUNGAN

Authors

  • Ulfa Lailatul Inayah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Nur Anisah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Lailatul Fitria Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Khoirun Nisak Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Siti Niswatil Muhimah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik

Keywords:

Peran guru, Fasilitator, Sekolah Dasar

Abstract

Peran guru memiliki signifikansi yang besar dalam proses pembelajaran salah satunya guru sebagai fasilitator. Guru memiliki beragam peran yang memungkinkannya menciptakan lingkungan belajar yang efisien. Adapun peran utama guru ialah membimbing, membina, mendidik, dan memberikan arahan dalam menyajikan pembelajaran agar siswa dapat menggali minat dan kemampuannya sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara terperinci analisis peran guru sebagai fasilitator siswa dalam pembelajaran di UPT SDN Bendungan, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Subjek dalam penelitian ini ialah guru UPT SDN Bendungan yang terdiri dari 6 guru. Penelitin ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara kemudian dianalisis dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di UPT SDN Bendungan sudah memenuhi segala aspek dalam proses pembelajaran. Guru menyadari bahwa guru harus menjadi fasilitator agar proses pembelajaran dapat berjalan maksimal. Guru telah berupaya untuk tidak menguasai seluruh proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dan guru selalu mengupayakan perkembangan potensi dan kemampuan siswanya. Guru secara konsisten berbagi pengetahuan dengan tujuan mendorong keberanian siswa untuk berpendapat, sehingga guru tidak mengkritik pendapat siswa yang mungkin kurang tepat atau salah, tetapi tetap memberikan panduan dan masukan terkait materi yang diajarkan. Guru telah menjalankan perannya sebagai sahabat dengan maksud agar diterima dengan baik oleh siswa dan setiap guru terus menambah wawasan untuk nantinya disampaikan kepada siswanya. Tidak hanya terfokus pada pendekatan pengajaran, tetapi juga perlu disesuaikan dengan konten pelajaran dan situasi siswa.

References

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200

Arif Muadzin, A. M. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102

Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 119. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.

Fauziah, S. ., Sumiyani, & Ramdhani, I. . (2017). Peran Guru dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karet 1 Kabupaten Tangerang Septy. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Habibah, A., & Putri, E. (2021). Analisis Peran Guru Ips Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 343. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10392

I Nyoman Kiriana, Ni Nyoman Sri Widiasih, & I Gusti Made Widya Sena. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i1.763

Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1294

Meri & Mustika. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 200–208. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Mubarok, H., Nichla, S., & Attalina, C. (2022). Studi Fenomenologi Peran Guru Sekolah Dasar Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 75–87.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Nafisah Nor Saumi, Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Sardiman (2021). Research and Development Journal of Education, 7(1), 193.

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583–591. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042

Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101

Widyastuti, T., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 004 Sei Beberas Hilir Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 349–358. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.970

Yuniar, R., Nurhasanah, A., Rahman Hakim, Z., & Asih Vivi Yandari, I. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6408

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Ulfa Lailatul Inayah, Nur Anisah, Lailatul Fitria, Khoirun Nisak, & Siti Niswatil Muhimah. (2024). ANALISIS PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS PADA UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN BENDUNGAN. Journal Educatione, 1(2). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/144