STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT DI SDN TERGAMBANG BANCAR

Authors

  • Moh. Mujabul Marom Al-Wafi Pascasarjana Universitas Islam Lamongan
  • Fathurrahman Pascasarjana Universitas Islam Lamongan

Keywords:

Strategi Kepala Sekolah, Minat Siswa

Abstract

Di era globalisasi, persaingan antar lembaga pendidikan sangat ketat untuk menarik perhatian masyarakat. Hal ini menuntut setiap lembaga pendidikan mempunyai strategi yang baik untuk menarik perhatian masyarakat. Strategi kepala sekolah memegang peranan penting dalam memajukan sekolah. Kepala sekolah juga harus mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat. sehingga masyarakat tertarik  menyekolahkan anaknya ke fasilitas ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan di SDN Tergambang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai  tujuan diperlukan  strategi yang baik. Strategi kepala sekolah untuk menarik minat masyarakat  menyekolahkan anaknya di SDN Tergambang adalah melalui sosialisasi kepada masyarakat, kemitraan dengan organisasi lain, program unggulan, promosi dan peningkatan mutu dari sekolah. Dalam menerapkan strateginya, kepala sekolah tidak dapat memisahkan faktor pendukung dan  faktor penghambat. Faktor pendukung kepala sekolah menerapkan strategi untuk menarik minat masyarakat adalah kekuatan finansial yang memadai dan kepercayaan masyarakat terhadap SDN Tergamabang. Sementara itu, tantangan yang dihadapi kepala sekolah yang mungkin menghambat implementasi strategi ini adalah persaingan antar lembaga pendidikan yang sangat ketat

References

Asep Supriyanto, “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi”, 2020.

H.Abu Ahmadi, Nur Ubayati, Ilmu Pendidikan, Jakarta, Indonesia 2007.

Janpatar Simamora, Tafsir Makna Negara Hukum dalam Perspektif Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Jurnal Dinamika Hukum, Volume 14 Nomor 3 September 2014.

Lukman dan Mukhtar Hakim, Dasar Dasar Manajemen Pendidikan (Jambi: Timur Laut Aksara, 2018).

Lukman dan Mukhtar Hakim, Dasar Dasar Manajemen Pendidikan (Jambi: Timur Laut Aksara, 2018).

Muhammad Fikri, Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Siswa Baru Di SMK IT Nurul Qolbi Bekasi, 2020.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah., 2007.

Suhailah Fitria, ‘Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Diniyyah Al-Azhar Jambi’, 151.2 (2018).

Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2011).

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Moh. Mujabul Marom Al-Wafi, & Fathurrahman. (2024). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT DI SDN TERGAMBANG BANCAR. Journal Educatione, 1(2). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/143