SOSIALISASI GERAKAN TRANSISI PAUD YANG MENYENANGKAN UNTUK GURU PAUD dan SD di KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Ika Taukhida Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Mamik Setyioarini Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Jumrotin Azizah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Siti Rohmah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Chodidjah Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Taufiq Harris Pascasarjana Universitas Gresik

Keywords:

Transisi Paud – SD, guru PAUD, Guru SD.

Abstract

Beberapa tahun terakhir telah terjadi miskonsepsi yang sudah membudaya di masyarakat sehingga menjadi sesuatu yang benar bahwa anak usia dini harus mampu membaca dan menulis serta berhitung sebagaimana kemapuan anak - anak di jenjang lebih tinggi tanpa memperhitungkan cara belajar dan kesiapan belajar anak di usia dini.orang tua dan guru memahami bahwa anak yang mampu berliterasi dan numerasi secara sempurna adalah anak yang layak dan siap  untuk mejanjutkan pendidikan di jenjang  selanjutnya. Jenjang anak usia dini adalah usia 0 – 7 tahun, dari hasil penelitihan perlu kiranya pemahaman dalam penyesuaian kurikulum dan pada kopetensi guru PAUD dan guru SD sampai dengan kelas dua yang memerlukan sosialisasi bersama antara guru PAUD dan SD secara berkesinambungan. Miskonsepsi ini terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman tentang perkembangan cara mendidik pada anak usia dini yang sehingga berdampak pada pada proses pembelajaran yang belum memahami karakter anak sebagaimna sifat dasar karakter anak adalah bermain atas dasar tersebut dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Guru (PKG) Kabupaten Pasuruan melakukan sosialisasi bersama antara guru PAUD dan SD . hasil analisa kuaitatif menunjukkan bahwa memang terjadi Miskonsepsi di lapangan  yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak terutama perkembangan anak dalam proses belajar mengajar. Dengan sosialisasi ini di harapkan akan adanya perbaikan dalam peroses pembelajaran saat akhir pemelajaran di Jenjang PAUD dan awal pembelajaran masuk di jenjang SD dengan tercapainya fase fondasi dengan cara yang tepat.

References

Abdivalievna, A. N. (2022). Special Psycho-Correction of Learning Processes in School Readiness in Children with Deficiency and Hyperactivity. Pindus Journal Of Culture, Literature, and ELT, 2(2), 140–144.

Adriana, N. P. ., Wicaksono, D., & Yonaevy, U. (2023). Metode Self Healing pada Remaja dengan Gangguan Mental Emosional (GME) di SMP N 18 Surakarta. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2),554–561. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2541

Blewitt, C. (2020).; Do curriculum‐based social and emotional learning pro-grams in early childhood education and care strengthen teacher out-comes? A systematic literature review. In International Journal of Envi-ronmental Research and Public Health (Vol. 17, Issue 3). https://doi.org/10.3390/ijerph17031049

Booklet atau buku penguatan transisi PAUD – SD (2023); kemendikbudristek https://ainamulyana.blogspot.com/2023/02/buku-booklet-penguatan-transisi-paud-sd.

Brandes-Aitken, A., Braren, S., Swingler, M., Voegtline, K., & Blair, C. (2019). Sustained attention in infancy: A foundation for the development of multiple aspects of self-regulation for children in poverty. Journal of Ex-perimental Child Psychology, 184, 192–209. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.04.006b

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Christensen, D., Taylor, C. L., Hancock, K. J., & Zubrick, S. R. (2022). School readiness is more than the child: a latent class analysis of child, family, school and community aspects of school readiness. Australian Jour-nal of Social Issues Published, 57(1), 125–143. https://doi.org/10.1002/ajs4.138.

Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Jurnal Dina-mika Pendidikan, 10(2), 119–133. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i2.611.

Filia Milopoulou. (2018).; Preschool class: a one-way bridge to primary school. Examining preschool class teachers’ perspectives on prepara-tory practices for children’s transition to primary school.

Pratiwi, W. (2018). Kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar. Tadbir:

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,6(1),1–13. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/502%0A.

Gore, J., Patfield, S., Holmes, K., Smith, M., Lloyd, A., Gruppetta, M., Weaver, N., & Fray,L. (2017). When higher education is possible but not desira-ble: Widening participation and the aspirations of Australian Indigenous school students. Australian Journal of Education, 61(2), 164–183. https://doi.org/10.1177/0004944117710841.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153–164. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454. Kokkalia, G., Drigas, A. S., Econ-omou, A., & Roussos, P. (2019). School readiness from kindergarten to primary school. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Online), 14(11), 4. https://https//www.learntechlib.org/p/210488/.

Lapointe, V. R., Ford, L., & Zumbo, B. D. (2007). Examining the relationship between neighborhood environment and school readiness for kindergar-ten children.

Early Educationand Development,18(3), 473–495. https://doi.org/10.1080/10409280701610846 https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.04.011.

Metode pembelajaran PAUD Pembelajaran Anak Usia Dini Menurut Para Ahli (Lengkap) https://www.paud.id/pembelajaran-anak-usia-dini-menurut-para-ahli

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00.

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh : Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1), 91–102. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.

Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Salemba Humanika.

Pratiwi, W. (2018). Kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,6(1),1–13. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/502%0A.

Qin, L. (2022). The “ Wrong Love ” Between the Zone of Proximal Develop-ment and Scaffolding : An Interview With Prof . James P . Lantolf. Chi-nese Journal of Applied Linguistics, 45(1), 138–149. https://doi.org/10.1515/cjal-2022-0110.

Ricciardi, C., Manfra, L., Hartman, S., Bleiker, C., Dineheart, L., & Winsler, A. (2021). School readiness skills at age four predict academic achieve-ment through 5th grade. Early Childhood Research Quarterly, 57,110–120. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.05.006.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi pres-tasi belajar siswa SekolahDasar.Pandawa,2(2),278–288. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.800.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.

Sarwar, S. (2016). Influence of parenting style on children’s behaviour. Journal of Ed cati nan E cati nalDevelo ment,3(2). https://papers.ssrn.com/sol3/Delivery.cfm/SSRN _ID2882540_code2631415.

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies,1(1),135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133– 140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media Group.

Suryana, Dadan, & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Im-plikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852.

Transisi Paud-SD yang menyenangkan (2023); Kemampuan fondasi adalah hak setiap anak https://ditpsd.kemdikbud.go.id/transisipaudsd/

Ursache, A., Blair, C., & Raver, C. C. (2012). The promotion of self‐regulation as a means of enhancing school readiness and early achievement in children at risk for school fail-ure.ChildDevelopmentPerspectives,6(2),122–128. https://doi.org/10.1111/j.1750-8606.2011.00209.x

Vogler, P., Crivello, G., & Woodhead, M. (2008). Early Childhood Transitions Research: A Review of Concepts, Theory and Practice. In Bernard van Leer Foundation Working Paper in Early Childhood Development (Vol. 48).

Widyaningsih, T. S., Aini, K., & Apriliani, F. N. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Dengan Kemampuan Adaptasi Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Panti Puruhita Semarang. Jurnal Ners Widya Husada, 3(2). https://doi.org/10.33666/jners.v3i2.178.

Windasari, I. W., & Uhriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Kegiatan Bela-jar Dari Rumah Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 69–74. https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.441.

Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru da-lam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar,26(1),17– 26. https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5892

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Ika Taukhida, Mamik Setyioarini, Jumrotin Azizah, Siti Rohmah, Chodidjah, & Taufiq Harris. (2024). SOSIALISASI GERAKAN TRANSISI PAUD YANG MENYENANGKAN UNTUK GURU PAUD dan SD di KABUPATEN PASURUAN. Journal Educatione, 1(2). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/139