ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Ana Minkhatur Rofi’ah Universitas Gresik
  • Muhammad Shobirin Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gresik
  • Muhammad Fadllillah Pascasarjana Universitas Gresik
  • Neila Farah Pascasarjana Universitas Gresik
  • Warti'ah Pascasarjana Universitas Gresik
  • M. Furqon Wahyudi Universitas Gresik

Keywords:

Kurikulum Merdeka, kesiapan guru, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini menganalisis kesiapan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui studi pustaka komprehensif. Fokus utama adalah mengidentifikasi tingkat kesiapan guru, faktor-faktor yang mempengaruhinya, tantangan yang dihadapi, dan strategi peningkatan yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru bervariasi dan dipengaruhi oleh faktor internal seperti kompetensi dan motivasi, serta faktor eksternal seperti dukungan sistem dan ketersediaan sumber daya. Tantangan utama meliputi adaptasi terhadap pendekatan pembelajaran baru dan perubahan sistem penilaian. Strategi peningkatan kesiapan yang efektif mencakup pengembangan profesional berkelanjutan, pendampingan, dan kolaborasi antar guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesiapan guru memiliki peran krusial dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka dan merekomendasikan pendekatan holistik dalam meningkatkan kesiapan guru SMP.

References

Aditiya, N., & Fatonah, S. (2022). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. 108–116.

Eka, S., Setioyuliani, P., & Semarang, U. N. (2023). Permasalahan Kurikulum Merdeka dan Dampak Pergantian Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka. 3(2), 157–162.

Ermawati, E., & Usman, A. (2024). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Upaya Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas X2. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1, 9. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.91

Fauziah, A., Fitriani, T., & Rachman, I. F. (2018). Jurnal Edukasi Sumba ( JES ) Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar untuk Membangun Kualitas Pendidikan di Bawah Kurikulum Merdeka. 1–14.

Halawa, D. P., Telaumbanua, M. S., & Buulolo, D. (2023). Perbandingan sistem pendidikan indonesia dan jepang. 6(1).

Hayadi, H., Yusuf, F. A., & Pahliana, S. (2024). Strategi Mengatasi Resistensi Terhadap Perubahan Dalam Dunia Pendidikan : Tinjauan Terhadap Praktik Manajemen. 4(1), 178–186.

Ihsan, M. (2023). Tarbiyah Islamiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam PEMEBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV. 13(2), 79–90. https://doi.org/10.18592/jtipai.v13i2.9872

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). 1 , 2 2. 9(19), 979–988.

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. 4(2), 3011–3024.

Indarta, Y., Jalinus, N., Tumarun, W., Samala, A., Riyanda, A., & Adi, N. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4, 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., & Deing, A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. 2(2), 408–423.

Maulido, S., Karmijah, P., & Rahmi, V. (2024). Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Di Daerah Terpencil Safiq Maulido. 1.

Muzharifah, A. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. 2(2).

Pembelajarn, D., & Smkn, D. I. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajarn di smkn 1 karawang. 7, 6595–6599.

Ridho, A., Yuliana, A. S., & Digital, E. (2024). Komunikasi di dunia pendidikan di era digital. 2(1), 1–11.

Riska, F., Nur, S., Asmara, A., Sa’diyah, Vitalocca, D., Fadjarajani, S., Husnita, L., Shofwan, I., Yusron, A., Rifky, S., Kurdi, M., Bantam, D., Haryanto, S., Ramadianti, W., Doriza, S., Makmur, E., Muhidin, A., Jayanti, A., Kurdi, M., & Sampe, F. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN 5.0.

Rumasukun, N. A., Faizin, M., & Apia, G. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai. 6(1).

Setiyowati, R., Maharani, S., Sinulingga, S., Agus Siswadi, G., Wiriya Tantra, M., Sulkipani, Nurdiansyah, E., Dhita, A., Scroll, S., M, V., Parwinas, Z., Faddillah, N., Nengsih, Y., Alvi, R., Rantina, M., & Utami, F. (2023). PENDIDIKAN INDONESIA KONTEMPORER: KAJIAN FILOSOFIS DAN PENERAPANNYA.

Tinggi, P. (2024). PEMBELAJARAN DALAM KONTEKS PENDIDIKAN TINGGI. 7, 1147–1162.

Wiroko, E. P., & Pancasila, U. (2017). Tantangan dan Strategi Rekrutmen di Indonesia. 4, 193–204. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1442

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Ana Minkhatur Rofi’ah, Muhammad Shobirin, Muhammad Fadllillah, Neila Farah, Warti’ah, & M. Furqon Wahyudi. (2024). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Journal Educatione, 1(2). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/136