PENGARUH LAYANAN DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SD NU NURUL ISHLAH GRESIK
Abstract
Pendidikan dianggap sukses jika dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensi mereka dengan sebaik-baiknya. Pendidikan dasar adalah dasar yang sangat penting untuk perkembangan intelektual, sosial, dan emosional anak. Oleh sebab itu, sekolah memiliki peran yang krusial dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas serta sarana belajar yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial layanan pembelajaran terhadap kepuasan orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik; b) Mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik; c) Mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan layanan dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik.
Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan melibatkan 82 orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling, dan data dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t untuk layanan pembelajaran sebesar 3,559, dan untuk fasilitas pembelajaran sebesar 8,679. Keduanya melebihi nilai t tabel sebesar 1,990. Seain itu, uji F menghasilkan nilai sebesar 134,763, yang lebih tinggi dibandingkan F tabel sebesar 3,11. Adapun nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,768.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik secara simultan maupun parsial antara layanan pembelajaran dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan oarng tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik. Sekolah disarankan untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas belajar, khususnya dalam interaksi guru dan kenyamanan lingkungan belajar.
References
Adams, D. (1993). Defining educational quality. Improving Educational Quality Project Publication, 703, 1–24. http://pdf.usaid.gov/pdf_docs/PNACA245.pdf
Arifa, F., & Prayitno, H. (2019). Peran Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebijakan, 11(2), 87–95.
Arikunto. (2006). Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta.
Azizah, Siti Bariroh, & Adrijanti. (2024). PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 22 GRESIK. PROGRESIF, 2(2), 12–21. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/364
Cresswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell. — 4th ed. In News.Ge.
De Leon, M. V., Atienza, R. P., & Susilo, D. (2020). Influence of self-service technology (SST) service quality dimensions as a second-order factor on perceived value and customer satisfaction in a mobile banking application. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1794241
Goldberg, L. R., Parham, D. F., Coufal, K. L., Maeda, M., Scudder, R. R., & Sechtem, P. R. (2010). Peer Review: The Importance Of Education For Best Practice. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 7(2). https://doi.org/10.19030/tlc.v7i2.91
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Manajemen. In Pearson Education.
Kusmiati, I., Yuliana, Arwin, Vincent, W., & Williny. (2021). Dampak Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus pada PT Bintang Anugrah Plafonindo Palembang. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 273-277sa.
Martono, M., Arwin, A., Yuliana, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 411–415. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/609
OECD. (2018). PISA 2018 Results. OECD Publishing.
Rahmawati, D., & Santosa, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 125–134.
Sari, D., & Wiyono, B. B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah terhadap Kepuasan Orang Tua. Jurnal Manajemen Pendidikan, 20(2), 145–154.
Sri Yustikia, N. W. (2019). Pentingnya Sarana Pendidikan Dalam Menunjang Kualitas Pendidikan Di Sekolah. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 1. https://doi.org/10.25078/gw.v4i2.1053
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Suryani, N. (2020). Hubungan Fasilitas Pembelajaran dengan Kepuasan Orang Tua terhadap Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–53.
Wahyoedi, S., Saparso, S., Tecoalu, M., & Winoto Tj, H. (2021). The Effect of Service Quality, Learning Quality, and Promotion Strategy on Parents’ Decisions in Choosing ABC Primary Schools. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 999–1005. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1701
Warisno, A. (2018). Implementing a Quality Learning in Schools. Ar Raniry : International Journal of Islamic Studies, 5(1), 1–12.
Wulandari, R. (2019). Kualitas Layanan Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(3), 233–240.
Yudha, R. P., Priatna, N., Pendidikan, M., Usia, A., Universitas, D., Sakti, P., Pendidikan, D., Dan, P., & Kabupaten, O. (2024). Analysis of Parent Satisfaction Towards Early Childhood Education Services in Tirtajaya District. 3(3), 842–850.