SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI UPT SMP NEGERI 22 GRESIK

Authors

  • Qultbiya Muthoharoh Universitas Gresik
  • Sri Sundari Universitas Gresik
  • Etiyasningsih Universitas Gresik

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di UPT SMP NEGERI 22 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Metode analisa data yang digunakan penelitian adalah dengan menggunakakn metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana penelitian adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi kepaka sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di UPT SMP NEGERI 22 GRESIK telah berperan dalam meningkatkan kinerja guru dengan menjalankan tugas-tugasnya, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan pertanggung jawaban, pengawasan dan pembinaan yang dijalankan sesuai tanggung jawab masing-masing kepala sekolah di UPT SMP NEGERI 22 GRESIK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yang baik dan benar dapat dijadikan sebagai sarana yang tepat dalam upaya membentuk kinerja guru.

References

Donni Juni Priansa, Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala sekolah, (Bandung: Alfabeta, 2005), hlm.84

Departemen Pendidikan Nasional, Metode dan Teknik Supervisi, (Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga

Kependidikan, 2008), hlm. 12

Dermawan, Penilaian Angka Kredit Guru, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm.5

E.Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2005), hlm. 135

E.Mulyasa,Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 89

Lailatul Yayuk dkk ; Model Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah MI Nurul Islam Pongangan; Jurnal progresif Vol 1 nomor 1 tahun 2023 https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/3

Nasib Tua Lumban Gaol & Paningkat Siburian,’Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru’,Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 5,No. 1 (Januari– jini 2018), hlm. 70

Sahertian, Piet A, 2008. Konsep dasar & Teknik Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta)

Sagala, syaiful. 2009. Kemampuan profesional guru dan tenaga Pendidikan.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Lslam, (Yogyakarta: Teras, 2009), hlm. 22

Sulistiyorini & Muhammad Fatturhman, meretas pendidikan berkualitas dalam pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras, 2012), hlm.471

Supardi, Kinerja Guru, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 54

Supardi, Kinerja Guru, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 45

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Qultbiya Muthoharoh, Sri Sundari, & Etiyasningsih. (2024). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI UPT SMP NEGERI 22 GRESIK. PROGRESIF, 2(2), 72–77. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/339