PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif <p>PROGRESIF adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Gresik. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel mahasiswa atau hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Jurnal ini memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Administrasi Pendidikan bagi masyarakat akademik.</p> <p>Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun (Mei dan November ).</p> en-US Mon, 05 May 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.14 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MINU TRATEE PUTERA https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/591 <p><em>Upaya terus dilakukan dalam dunia pendidkan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif, guna mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Tercapainya tujuan pendidikan tersebut tentunya didukung oleh berbagai faktor penunjang, diantaranya adalah sarana dan prasarana pendidikan. Sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung utama yang diperlukan dalam mendukung proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam rangka mencapai mutu layanan pendidikan yang baik dan produktif agar dapat memuaskan pengguna jasa pendidikan, maka peran manajemen sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk </em><em>mengidentifikasi dan menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana yang optimal dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MINU Tratee Putera. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan informan Kepala Madrasah, PKM sarana dan prasarana, guru dan staf. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi data dengan metode observsai, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. </em><em>Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa sarana dan prasarana di MINU Tratee Putera masih perlu dioptimalkan, karena ada beberapa ruangan seperti ruang guru yang tidak ada, ruang laboratorium IPA yang masih kurang terawat, dan ruang laboratorium komputer yang penggunaannya disesuaikan kebutuhan. Keterbatasan lahan mengharuskan pihak sekolah untuk terus berupaya memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah </em><em>pengelolaan sarana dan prasarana di MINU Tratee Putera cukup efektif, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Optimalisasi manajemen dilakukan sesuai dengan prosedur mulai dari perencanaan yang melibatkan kepala sekolah dan guru, pelaksanaan yang sistematis, serta evaluasi berkala untuk memastikan sarana dan prasarana tersebut mendukung proses</em> <em>pembelajaran secara maksimal.</em></p> Dewi Ayu Nur`Aini, Siti Bariroh , Adrijanti Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/591 Mon, 05 May 2025 00:00:00 +0700 PEREMPUAN DI GARIS DEPAN: MENELISIK PERAN PEMIMPIN PEREMPUAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/551 <p>Perempuan memainkan peran penting di garis depan dunia pendidikan, baik sebagai pengelola, pendidik, maupun pemimpin lembaga. Artikel ini mengkaji kontribusi pemimpin perempuan dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendorong kesetaraan gender, serta membangun budaya sekolah yang kolaboratif dan empatik hingga menjadi penggerak perubahan sosial di masyarakat. Dengan gaya kepemimpinan partisipatif dan etis, Perempuan terbukti membawa dampak positif bagi mutu Pendidikan. Namun demikian, Perempuan masih menghadapi tantangan struktural seperti diskriminasi gender dan beban ganda, dan keterbatasan akses. Oleh sebab itu, pemimpin perempuan tidak hanya soal representasi tetapi juga dukungan sistemik juga penting, agar tetap dapat berkontribusi secara maksimal dalam memajukan Pendidikan.&nbsp;&nbsp;</p> Mumayyizah, Taufiq Harris, Ahmad Thohirin, A. Faizin Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/551 Mon, 05 May 2025 00:00:00 +0700 STUDI KASUS DISABILITAS FISIK https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/426 <p><em>Disabilitas Fisik termasuk anak berkebutuhan khusus, sebab memiliki kelainan cacat fisik dalam gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan struktur tulang yang bersifat bawaan, sakit atau akibat kecelakaan, termasuk polio dan lumpuh. Seseorang bisa dikatakan menyandang disabilitas jika keterbatasan yang diderita berlangsung selama minimal 6 bulan. Menurut Undang-Undang RI No. 8 tahun 2016 tentang Ragam Penyandang Disabilitas </em><em>Disabilitas Fisik suatu keadaan akibat gangguan atau hambatan pada tulang, otot, sendi dalam fungsinya yang normal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyakit, kecelakaan, atau dapat juga disebabkan oleh pembawaan sejak lahir. </em></p> <p><em>Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di salah satu desa di kabupaten Gresik. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak penderita Disabilitas Fisik yang berusia 16 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Disabilitas; fisik</em></p> Noor Indahwati, Wahyu Sagiokta, Pipit Dwi Anggraini, Elisa nursyabania Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/426 Wed, 28 May 2025 00:00:00 +0700 MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMA NAHDLATUL ULAMA 1 GRESIK https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/641 <p><em>Manajemen layanan perpustakaan mememiliki peran penting dalam meningkatkan minat membaca siswa. Di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, penerapan layanan perpustakaan berbasis digital telah memberikan kemudahan akses terhadap bahan bacaan, mengatasi masalah rendahnya minat membaca buku cetak. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf, dan siswa SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem perpustakaan digital memfasilitasi akses siswa terhadap buku dan mendorong kegiatan membaca dilakukan melalui pembentukan klub literasi dan optimalisasi sistem layanan digital, seperti sistem peminjaman dan pengembalian otomatis serta akses katalog melalui aplikasi. &nbsp;Namun, masalah konektivitas internet tetap menjadi tantangan dalam menjaga kehadiran dan akses. Peningkatan sistem internet direkomendasikan untuk mendukung keberhasilan pengelolaan perpustakaan.</em></p> Rifqi Wahyu Wardhana, Ahmad Thohirin, Sri Sundari Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/641 Sun, 05 May 2024 00:00:00 +0700 KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAKAN KINERJA GURU DI MI ROUDLOTUL ULUM METATU GRESIK https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/618 <p>Pendidikan memiliki peran penting dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, dan kepala<br>sekolah memegang peranan sentral dalam mengelola sekolah agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Penelitian<br>ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menerapkan kompetensi manajerial dalam<br>meningkatkan kinerja guru. Selama ini, masih sedikit penelitian yang secara khusus mengulas penerapan<br>kompetensi manajerial kepala sekolah di madrasah ibtidaiyah yang sedang berkembang, terutama dalam<br>hubungannya dengan peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik<br>pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.<br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah aktif menyusun perencanaan bersama guru,<br>mendistribusikan tugas sesuai kemampuan, melakukan supervisi secara berkala, serta menyediakan dukungan<br>untuk pengembangan profesional guru. Selain itu, kepala sekolah juga berperan dalam menciptakan suasana<br>kerja yang nyaman dan terbuka. Temuan ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial yang dimiliki kepala<br>sekolah berpengaruh langsung terhadap meningkatnya kinerja guru.<br>Dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer sangat penting dalam menciptakan lingkungan<br>kerja yang produktif dan mendukung peningkatan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan manajerial<br>kepala sekolah perlu terus ditingkatkan agar mampu menjawab tantangan dunia pendidikan yang terus<br>berkembang.</p> Ariel Teta Zulinar, Etiyasningsih, Umi Latifah Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/618 Mon, 05 May 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH LAYANAN DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SD NU NURUL ISHLAH GRESIK https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/559 <p>Pendidikan dianggap sukses jika dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensi mereka dengan sebaik-baiknya. Pendidikan dasar adalah dasar yang sangat penting untuk perkembangan intelektual, sosial, dan emosional anak. Oleh sebab itu, sekolah memiliki peran yang krusial dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas serta sarana belajar yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial layanan pembelajaran terhadap kepuasan orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik; b) Mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik; c) Mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan layanan dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik.</p> <p>Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan melibatkan 82 orang tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling, dan data dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t untuk layanan pembelajaran sebesar 3,559, dan untuk fasilitas pembelajaran sebesar 8,679. Keduanya melebihi nilai t tabel sebesar 1,990. Seain itu, uji F menghasilkan nilai sebesar 134,763, yang lebih tinggi dibandingkan F tabel sebesar 3,11. Adapun nilai koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) yang diperoleh adalah sebesar 0,768.</p> <p>Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik secara simultan maupun parsial antara layanan pembelajaran dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan oarng tua peserta didik di SD NU Nurul Ishlah Gresik. Sekolah disarankan untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas belajar, khususnya dalam interaksi guru dan kenyamanan lingkungan belajar.</p> Elisatussya’bania, Siti Bariroh , Adrijanti Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/559 Mon, 05 May 2025 00:00:00 +0700 PEMANFAATAN MODEL AI DALAM ANALISIS SINTAKSIS BAHASA INDONESIA: KAJIAN LINGUISTIK KOMPUTASIONAL https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/443 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan model kecerdasan buatan (AI) dalam analisis sintaksis bahasa Indonesia, khususnya dalam konteks linguistik komputasional. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas model AI dalam mengenali elemen sintaksis dasar seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan (SPOK), mendeteksi kesalahan struktur kalimat, serta menganalisis kalimat kompleks yang mengandung klausa bertingkat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berbasis analisis dataset sintaksis beranotasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model AI memiliki tingkat akurasi tinggi dalam mengenali struktur SPOK pada kalimat sederhana, namun cenderung kesulitan dalam mengidentifikasi subjek tersembunyi, klausa subordinatif, dan kalimat idiomatik. Pendekatan dependency grammar efektif dalam mengenali hubungan antar kata secara hierarkis, namun penerapannya masih terbatas pada struktur kalimat linear. Rekomendasi pengembangan model AI meliputi penerapan metode dependency parsing yang lebih mendalam dan pengayaan dataset dengan kalimat bertingkat agar AI dapat lebih akurat dalam analisis sintaksis bahasa Indonesia.</p> Baiq Iling Kiranawati, Umi Latifah, Noffa Kharimatul Khusnah Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/443 Wed, 28 May 2025 00:00:00 +0700 PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER BADMINTON DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI SD NAHDLATUL ULAMA NURUL ISHLAH GRESIK https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/628 <p>Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat berpengaruh pada pengembangan keterampilan, interaksi sosial dan persiapan karir. Pengelolaan yang di kelola dengan benar maka menghasilkan<br>kedisiplinan dan meningkatnya prestasi peserta didik. Pengelolaan ekstrakurikuler dengan baik, memberi<br>motivasi dan memberi contoh sangat penting bagi kedisiplinan dan peningkatan prestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler badminton dalam membentuk<br>kedisiplinan peserta didik. b) Mengetahui cara menerapkan kedisiplinan terhadap peserta didik dalamkegiatan ekstrakurikuler c) Mengetahui strategi meningkatkan prestasi peserta didik dalamkegiatan<br>ekstrakurikuler. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatis, deskritif, dengan<br>informan/responden kepada kepala sekolah, guru penanggung jawab ekstrakurikuler, pembina<br>ekstrakurikuler badminton. Metode pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa bagaimana langkah sekolah untuk mengoptimalkan<br>pengelolaan ekstrakurikuler sekolah aktif menyosialisasikan kepada wali murid program programsekolah, membentuk kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler sangat bisa dilakukan dengan Pembina memberi<br>contoh dan juga sekolah telah memberi kedisiplinan terhadap Pembina di awal tahun ajaran baru. Motivasi<br>reward dalam meningkatkan prestasi juga sangat berpengaruh terhadap prestasi peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ialah jika pengelolaan yang di lakukan dengan baik akan menghasilkan peserta<br>didik yang berprestasi. Dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat nyata untuk dapat membentuk<br>kedisiplinan peserta didik. Dengan pemilihan dan penyeleksian guru pembina juga sangat berpengaruh<br>keberhasilan peserta didik untuk meraih suatu prestasi.</p> Wahyu Ivana Sagiokta, Etiyasningsih, Ahmad Thohirin Copyright (c) 2025 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/628 Sun, 05 May 2024 00:00:00 +0700