PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif <p>PROGRESIF adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Gresik. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel mahasiswa atau hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Jurnal ini memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Administrasi Pendidikan bagi masyarakat akademik.</p> <p>Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun (Mei dan November ).</p> en-US Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.14 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PROBLEMATIKA RETORIKA NALAR DALAM PENULISAN TEKS ILMIAH MAHASISWA https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/363 <p><em>Penelitian ini menganalisis problematika retorika nalar dalam penulisan teks ilmiah mahasiswa, dengan fokus pada kemampuan menyusun argumen yang logis dan meyakinkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui analisis teks mahasiswa dan observasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelemahan utama terletak pada struktur argumen yang tidak koheren, kurangnya pemahaman terhadap logika dasar, serta rendahnya literasi informasi. Selain itu, budaya literasi yang lemah dan ketergantungan pada teknologi juga menghambat pengembangan kemampuan retorika mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan pembelajaran retorika, logika, dan literasi informasi untuk meningkatkan kualitas penulisan ilmiah mahasiswa.</em></p> Umi Latifah, Baiq Iling Kiranawati Copyright (c) 2024 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/363 Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0700 INOVASI MANAJEMEN: UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH UNGGULAN https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/386 <p><em>This article examines a management innovation carried out by school leaders in building superior schools. Focused on Karangsawo Lamongan Superior Junior High School, East Java, Indonesia. With the aim of researching strategies and innovations of school principals in management, managing human resources, the use of technology in learning, as well as influencing factors in educational management innovation</em><em>. Using a descriptive qualitative approach method, exploring data with observation techniques</em><em>, in-depth interviews, and documentation studies. This study shows that in education management, school principals apply various innovations in their leadership, so as to gain trust from the community, as evidenced by the large number of students. An innovative approach is needed in education and the form of a school principal's strategy can be adapted by other institutions </em><em>to improve the quality of education. This study concludes that innovative school principals are the main capital to develop schools into superior institutions.</em></p> Ahmad Thohirin, Lailatul Afifah Copyright (c) 2024 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/386 Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 22 GRESIK https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/364 <p>Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial kualitas layanan administrasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan peserta didik, adakah pengaruh secara simultan kualitas layanan administrasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan peserta didik di UPT SMP Negeri 22 Gresik Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan&nbsp; rumus slovin sejumlah 90 peserta didik,&nbsp; teknik pengambilan sampel&nbsp; secara random bertingkat. Instrument yang digunakan berupa angket yang disebar ke peserta didik.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial&nbsp; variabel kualitas &nbsp;layanan administrasi (X<sub>1</sub>) terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y) dengan nilai sig 0,000 &lt; 0,05 atau &nbsp;t hitung 6,133 &gt; t tabel 1,987608, dan terdapat pengaruh positif secara parsial dari variabel sarana prasarana (X<sub>2</sub>) terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y) dengan nilai sig 0,000 &lt; 0,05 atau &nbsp;t hitung 6,285 &gt; t tabel 1,987608. Sedangkan &nbsp;pengaruh positif antara kualitas &nbsp;layanan administrasi (X<sub>1</sub>) dan sarana prasarana (X<sub>2</sub>) secara simultan terhadap kepuasan peserta didik (Y) dengan nilai sig 0,000 &lt; 0,05 nilai f hitung 284,186 &gt; f tabel 3,10Adanya&nbsp; pengaruh kualitas layanan administrasi dan sarana prasarana terhadap kepuasan peserta didik UPT SMP Negeri 22 Gresik tersebut ditunjukkan&nbsp; dengan nilai <em>Adjusted R-squared</em> yaitu 0,864 hal ini menunjukkan nilai pengaruh variable bebas terhadap variable terikat sebesar 86,40% dan sisanya sebesar 13,60% dipengaruhi oleh faktor lain.</p> Azizah, Siti Bariroh, Adrijanti Copyright (c) 2024 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/364 Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0700 STUDI KASUS PENYANDANG DISABILITAS GRAHITA https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/367 <p><em>Penelitian ini berisikan tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), merupakan studi kasus penyandang disabilitas grahita. Tujuan penelitian ini adalah untuk memehami perilaku dan perkembangan penyandang disabilitas Grahita. </em><em>metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Adapun metode yang diambil pada penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan menganalisis beberapa teori dari kepustakaan,&nbsp; sumber referensi yang diambil bersumber dari data-data yang dikumpulkan dari hasil penelitian Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan pengamatan. Data penelitian ini diambil satu orang&nbsp; responden </em><em>&nbsp;penyandang disabilitas grahita yang berusia 41 tahun.</em><em> Proses pendidikan anak Tuna Grahita perlu dilakukan dengan pendekatan khusus agar dapat memperoleh hasil optimal dalam tumbuh kembang anak. </em><em>Pendidikan bagi anak tuna grahita memerlukan pendekatan yang berbeda dari pendidikan pada umumnya karena mereka memiliki keterbatasan dalam aspek intelektual.</em> <em>Dukungan keluarga yang konsisten, penuh kasih sayang, dan sesuai dengan kebutuhan anak sangat penting bagi perkembangan anak tuna grahita. Dengan dukungan yang baik dari keluarga, anak dapat berkembang secara optimal, menjadi lebih mandiri, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.</em></p> Noor Indahwati, Adrijanti, Ariel T Zuniar, Dewi A Nur’Aini, Rifqi W Wardhana Copyright (c) 2024 PROGRESIF https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/367 Tue, 19 Nov 2024 00:00:00 +0700