PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER BADMINTON DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI SD NAHDLATUL ULAMA NURUL ISHLAH GRESIK
Keywords:
Pengelolaan Ekstrakurikuler; Membentuk kedisiplinan; Meningkatkan prestasiAbstract
Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat berpengaruh pada pengembangan keterampilan, interaksi sosial dan persiapan karir. Pengelolaan yang di kelola dengan benar maka menghasilkan
kedisiplinan dan meningkatnya prestasi peserta didik. Pengelolaan ekstrakurikuler dengan baik, memberi
motivasi dan memberi contoh sangat penting bagi kedisiplinan dan peningkatan prestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler badminton dalam membentuk
kedisiplinan peserta didik. b) Mengetahui cara menerapkan kedisiplinan terhadap peserta didik dalamkegiatan ekstrakurikuler c) Mengetahui strategi meningkatkan prestasi peserta didik dalamkegiatan
ekstrakurikuler. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatis, deskritif, dengan
informan/responden kepada kepala sekolah, guru penanggung jawab ekstrakurikuler, pembina
ekstrakurikuler badminton. Metode pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa bagaimana langkah sekolah untuk mengoptimalkan
pengelolaan ekstrakurikuler sekolah aktif menyosialisasikan kepada wali murid program programsekolah, membentuk kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler sangat bisa dilakukan dengan Pembina memberi
contoh dan juga sekolah telah memberi kedisiplinan terhadap Pembina di awal tahun ajaran baru. Motivasi
reward dalam meningkatkan prestasi juga sangat berpengaruh terhadap prestasi peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ialah jika pengelolaan yang di lakukan dengan baik akan menghasilkan peserta
didik yang berprestasi. Dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat nyata untuk dapat membentuk
kedisiplinan peserta didik. Dengan pemilihan dan penyeleksian guru pembina juga sangat berpengaruh
keberhasilan peserta didik untuk meraih suatu prestasi.
References
Apriyanti, Masayu Endang, dan Syahid Syahid. "Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal." Equilibrium Jurnal Pendidikan, vol. 9, no. 1, 2021, hlm. 68-76.
Damanik. Fungsi dan Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pendidikan Siswa. Media Neliti, 2022
Daryanto, Suwardi. 2017. "Pengelolaan Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 3 Boyolali Artikel." Artikel Publikasi Ilmiah Universitas Muhamnadiyah Surakarta 147 : 158
Lubis, Nur Ainun, and Hasrul Harahap. 2016 "Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw." Jurnal As-Salam 1.1 : 96-102.
Fauzan, Fauzan. "Pengaruh Religiusitas Dan Ethical Climate Terhadap Ethical Behavior." Jurnal Ekonomi Modernisasi 11.3 (2015): 187-202
Doni, A. (2018). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Bandung: Alfabeta.
Pakpahan, Poetri Leharia, and Umi Habibah. "Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student's Religious Character." Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2.1 (2021): 1-20.
Asih, Dwi, and Enung Hasanah. 2021. "Manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi siswa sekolah dasar." Academy Of Education Journal 12.2: 205-214.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.