KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAKAN KINERJA GURU DI MI ROUDLOTUL ULUM METATU GRESIK
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, dan kepala
sekolah memegang peranan sentral dalam mengelola sekolah agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menerapkan kompetensi manajerial dalam
meningkatkan kinerja guru. Selama ini, masih sedikit penelitian yang secara khusus mengulas penerapan
kompetensi manajerial kepala sekolah di madrasah ibtidaiyah yang sedang berkembang, terutama dalam
hubungannya dengan peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah aktif menyusun perencanaan bersama guru,
mendistribusikan tugas sesuai kemampuan, melakukan supervisi secara berkala, serta menyediakan dukungan
untuk pengembangan profesional guru. Selain itu, kepala sekolah juga berperan dalam menciptakan suasana
kerja yang nyaman dan terbuka. Temuan ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial yang dimiliki kepala
sekolah berpengaruh langsung terhadap meningkatnya kinerja guru.
Dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer sangat penting dalam menciptakan lingkungan
kerja yang produktif dan mendukung peningkatan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan manajerial
kepala sekolah perlu terus ditingkatkan agar mampu menjawab tantangan dunia pendidikan yang terus
berkembang.
References
Baskara, A., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi pedagogik guru sma di indonesia: sebuah systematic literature review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3481–3496. https://jurnaldidaktika.org
Darojat, F. I., Firdaus, A., & Koesmawan, K. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smk Fajar Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen & Bisnis, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.60023/p4jxs919
Dedi Andrianto. (2024). ANALISIS FAKTOR SPIRITUALITAS ISLAM , KEBUTUHAN PSIKOLOGIS DASAR DAN MOTIVASI OTONOM GURU TERHADAP MUTU MADRASAH DI LAMPUNG TENGAH Dedi Andrianto STIT Bustanul „ Ulum Lampung Tengah , Lampung , Indonesia Abstract Abstrak A . Pendahuluan Spiritualitas di t. ANALISIS FAKTORSPIRITUALITAS ISLAM, KEBUTUHAN PSIKOLOGIS DASAR DAN MOTIVASI OTONOM GURU TERHADAP MUTUMADRASAHDI LAMPUNG TENGAH, 18, 95–119.
Fitria, M., & Slamet. (2024). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Mts Mamba’Ululum Margoyoso Tanggamus. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(6), 404–415. http://repository.radenintan.ac.id/16574/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/16574/1/COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf
Hidayatulloh, A., KR, M. I., Subkhana, T., & Fathoni, T. (2025). Strategi Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kolaborasi di Sekolah MA Ma ’ arif Balong. Al Mikraj – Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(01), 161–174.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282
Kusumawati, E. (2024). Membangun Komunitas Belajar Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Partisipatif oleh Kepala Sekolah Transformasional. 7, 267–273.
M. Riski Saputra1, Eko Kuntarto2, M. S. (2025). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAHDALAM MENINGKATKAN KINERJA GURUDI SEKOLAH DASAR. 6(1), 147–155.
Maolana, I., Darmiyanti, A., & Abidin, J. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 83–94. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3493
Millatus shofi. (2023). Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(2), 204–213. https://doi.org/10.5281/zenodo.16418973
Muh Ibnu Sholeh. (2023). Pengakuan Dan Reward Dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41
Mulyono, M., Komariyah, L., & Mulawarman, W. G. (2023). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Era Kurikukum Merdeka. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(December), 183–194. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2994
Nurhaedah, A., & Kadir, S. (2024). Motivasi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli. JEMIL Journal of Educational Management and Islamic Leadership, 04(01), 1–15.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Romadhon, K., & Irfan. (2025). Analisis Kompetensi Guru terhadap Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Teacher Competency Analysis of Preparing Learning Tools for the Independent Curriculum in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15, 111–123.
Rusydi Rasyid, M. (2024). Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Membina Disiplin Kerja Guru. Journal of Management Education, 3(2), 5007–5018.
Solechan, S., Afif, Z. N., Sunardi, S., & Masrufa, B. (2023). Pelatihan dan pendampingan tentang strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru bidang profesional Di SMA Primaganda Jombang. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.54437/annafah.v1i2.1269
Sunarto, A., & Abidin, A. Z. (2024). Analisis Penerapan Disiplin dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1754–1765.
Widyawati, Y., Sutopo, A., Wulandari, M. D., & Minsih, M. (2025). Perspektif Guru terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik Melalui Teknik Kunjungan Kelas di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 88–97. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i3.4195
Zarlis, D. R., & Elfitra, S. (2023). QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora e-ISSN 2987-713X Supervisi Klinis Dalam Menghadapi Dinamika Pendidikan. 2, 17–28. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim