OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MINU TRATEE PUTERA
Abstract
Upaya terus dilakukan dalam dunia pendidkan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif, guna mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Tercapainya tujuan pendidikan tersebut tentunya didukung oleh berbagai faktor penunjang, diantaranya adalah sarana dan prasarana pendidikan. Sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung utama yang diperlukan dalam mendukung proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam rangka mencapai mutu layanan pendidikan yang baik dan produktif agar dapat memuaskan pengguna jasa pendidikan, maka peran manajemen sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana yang optimal dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MINU Tratee Putera. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan informan Kepala Madrasah, PKM sarana dan prasarana, guru dan staf. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi data dengan metode observsai, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa sarana dan prasarana di MINU Tratee Putera masih perlu dioptimalkan, karena ada beberapa ruangan seperti ruang guru yang tidak ada, ruang laboratorium IPA yang masih kurang terawat, dan ruang laboratorium komputer yang penggunaannya disesuaikan kebutuhan. Keterbatasan lahan mengharuskan pihak sekolah untuk terus berupaya memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan sarana dan prasarana di MINU Tratee Putera cukup efektif, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Optimalisasi manajemen dilakukan sesuai dengan prosedur mulai dari perencanaan yang melibatkan kepala sekolah dan guru, pelaksanaan yang sistematis, serta evaluasi berkala untuk memastikan sarana dan prasarana tersebut mendukung proses pembelajaran secara maksimal.
References
Bafadal, Ibrahim. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar. Jakarta: Yrama Widya.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Goetsch, D. L. and S. B. Davis (2006). Quality Management : Introduction to Total Quality Management for Production, Processing and Services. New Jersey, Prentice Hall.
Ishikawa, Kaoru. (2005). Pengendalian Mutu Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kristiawan, M., Dian, S., & Rena, L. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. JAkarta: Prenada Media.
Mulyasa, E. (2003). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2014). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mutohar, Prim Masrokan. (2013). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Nasrudin, N., and M. Maryadi. (2019). “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD.” Manajemen Pendidikan 13(2): 15– 23.
Nasution, M. R. (2021). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di SDN 135564 Kota Tanjungbalai. ALACRITY: Journal Of Education, 26-32.
Nur Hamiyah, Mohammad Jauhar. (2015). Pengantar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Permendikbudristek Nomor 22 Tahun 2023 tentang standar sarana dan prasarana untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA. Jakarta.
Yahya, Fizian, and Handayani Handayani. (2021). “Optimalisasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Aktifitas Belajar Siswa Sma Negeri 1 Aikmel.” At-Tadbir 1(2): 58–68. Yogyakarta: Gajah Mada University Pres, 73.
Purmaningsih, Ine Rahayu dam Tedi Purbangkara. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Purwaningsih, Ety. (2020). “Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Min Di Kabupaten Magelang.”
Mulyono. (2014). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sadiman. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT RajaGrafindo Persada.
Syafaruddin, dkk. (2016). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Yahya, Fizian, and Handayani Handayani. (2021). “Optimalisasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Aktifitas Belajar Siswa Sma Negeri 1 Aikmel.” At-Tadbir 1(2): 58–68. Yogyakarta: Gajah Mada University Pres, 73.