PEREMPUAN DI GARIS DEPAN: MENELISIK PERAN PEMIMPIN PEREMPUAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Abstract
Perempuan memainkan peran penting di garis depan dunia pendidikan, baik sebagai pengelola, pendidik, maupun pemimpin lembaga. Artikel ini mengkaji kontribusi pemimpin perempuan dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendorong kesetaraan gender, serta membangun budaya sekolah yang kolaboratif dan empatik hingga menjadi penggerak perubahan sosial di masyarakat. Dengan gaya kepemimpinan partisipatif dan etis, Perempuan terbukti membawa dampak positif bagi mutu Pendidikan. Namun demikian, Perempuan masih menghadapi tantangan struktural seperti diskriminasi gender dan beban ganda, dan keterbatasan akses. Oleh sebab itu, pemimpin perempuan tidak hanya soal representasi tetapi juga dukungan sistemik juga penting, agar tetap dapat berkontribusi secara maksimal dalam memajukan Pendidikan.
References
Alhosseiny, H. (2023). Glass-Ceiling: The Never-ending Anguish of Working Women. Journal of Entrepreneurship Education. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm? abstract_id=4374809
Ali, R., & Rasheed, A. (2021). Women leaders in Pakistani academia: Challenges and opportunities. Asian Journal of Women’s Studies. https://doi.org/10.1080/12259276.2021.1 924481
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage.
Bourdieu, P. (1986). The Forms of Capital.Dalam J. Richardson (Ed.), Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education (hlm. 241–258). New York: Greenwood Press.
Bush, T. (2008). Leadership and Management Development in Education. SAGE Publications.
Chanana, K. (2022). Women and leadership: Strategies of gender inclusion in institutions of higher education in India. … Academy: Higher Education, Aspiration and Inequality. https://doi.org/10.1007/978-3-031- 04174-7_8
Cotter, D. A., Hermsen, J. M., Ovadia, S., & Vanneman, R. (2001). The Glass Ceiling Effect. Social Forces, 80(2), 655–681.
Daryanto, 1999). Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Dena Aprilia Anggraeni, E. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Feminin, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan PT Leo Agung Raya, Semarang. Diponegoro Journal of Management, Volume 7 N, 1–14.
Eagly, A. H. (1987). Sex Differences in Social Behavior: A Social-role Interpretation. Erlbaum.
Eagly, A. H., & Carli, L. L. (2003). The female leadership advantage: An evaluation of the evidence. The Leadership Quarterly, 14(6), 807–834.
Faugoo, D. (2024). Women’s Leadership as an Accelerator for Gender Equality and Advancing SDGs for a Sustainable Future. Asian Journal of Research in Business and …. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/aj rbm/article/view/27734
Grogan, M., & Shakeshaft, C. (2011). Women and Educational Leadership. Jossey-Bass.
Kristiyanti, E. I., & Muhyadi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan (Studi Kasus Smkn 7, Smkn 1 Bantul, SMPKN 1 Tempel). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 37– 49.
Kumala & Agustina (2018 Kumala, H. R., & Agustina, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor. Widia Cipta, II (1), 26–31
Luthan, Fred. (1995). Organizational Behavior, McGraw-Hill, Inc., San Fransisco.
Luthans (2006), Fred Luthans, 2006, Perilaku Organisasi, Alih Bahasa V. A Yuwono, Penerbit Andi, Yogyakarta
Luthans, F., Avolio, N., Avey, J., & Norman, S. (2007). Positive psychological capital: Measurement and relationships with performance and satisfaction. Personnel Psychology, 60, 541–572.
Meisa & Anzari, 2021) Meisa, E. A. Da, & Anzari, P. P. (2021). Perspektif feminisme dalamkepemimpinan perempuan diIndonesia. Jurnal Integrasi DanHarmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6), 711–719. http://doi.org/10.17977//um063v1i62021p711-719
Moeljono, 2008 Moeljono. D. 2009. More About Beyond Leadership. Dua Belas Konsep Kepemimpinan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Mulyadi dan Setyawan (1999) Mulyadi, dan Johny Setiawan, 1999. Corporate Culture And Performance, Dampak Budaya Perusahaanterhadap Kinerja. Prenhallindo,Jakarta.
Osi, E. C., & Teng-Calleja, M. (2021). Women on top: The career development journey of Filipina business executives in the Philippines. Career Development International. https://doi.org/10.1108/CDI-05-2020- 0132
Rahmi, S. (2014). Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Jakarta: Mitra Wacana Media. Disability and Rehabilitation, 20(1), 87–108. https://doi.org/10.1080/14768320500230185
Setyaningrum, G. (2024). Gender-Based Challenges in Women’s Leadership Careers: A Technium Literature Soc. https://heinonline.org/hol-cgi Synthesis. Sci. J. bin/get_pdf.cgi?handle=hein.journals/tec hssj63%5C§ion=25
Sudarusman. E (2004) Sudarusman, Eka, 2004, Pemberdayaan sebuah Usaha Memotivasi Karyawan, Fokus Ekonomi, Vol.3, No.2
Sulastri. (2019). Kepemimpinan Perempuan dalam Dunia Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan, 2(1), 10–20.