PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI SUMENEP
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI SUMENEP
Keywords:
Tematik; Kearifan Lokal.Abstract
Di era digital sekarang sudah banyak prinsip – prinsip pendidikan budaya yang bergeser sehinggah menyebabkan banyak siswa yang tidak mengenali kearifan lokal daerahnya sendiri, oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang mampu memberikan pengetahuan keterampilan literasi budaya daerah sendiri agar kearifan lokal agar tetap terjaga.Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal ini menjadi refrensi pembelajaran tambahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R & D ( Reasearch and Development ) dengan tahap penelitian model Borg and Gallyang telah di modifikasi oleh Sugiono yang terdiri dari 7 tahapan penelitian karena keterbatasan waktu biaya dan juga dampak dari pandemic covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal tema 8 subtema 2 kelas IV SD di Sumenep. (2) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal tema 8 subtema 2 kelas IV SD di Sumenep. Subjek penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar.Instrumen pada penelitian ini berupa instrumen validasi produk dan respon siswa, adapun skala analisis data yang digunakan yaitu skala likert dan skala guttman .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal layak. Hal ini terbukti dengan hasil validasi produk yang dilakukan oleh validator desain mendapatkan presentase 97,5%, sedangkan validator materi mendapatkan 96,8%, kemudian validator bahasa Madura mendapatkan nilai 97,2. Berdasarkan nilai presentase dari validasi produk maka produk pengembangan mendapatkan predikat sangat layak .(2) Haail penilaian respon peserta didik terhadap buku pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal menunjukkan angka dalam intervalyang sangat baik yaitu76%-100% yang menunjukkan bahwa buku pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar.
References
Akhiruddin, dkk. (2019). BUKU BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2019 (Jalal,Ed.; Pertama). CV.CAHYA BINTANG CEMERLANG.
Alam, A., Dewi, K., Setiawan, H., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Bima Tema 8 Subtema 2 Untuk Kelas IV SDN INPRES RATO Tahun Pelajaran 2020/2021. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 188–199. https://jurnal.educ3.org/index.php
Asmorowati, D., Utomo, S., Surachmi, S., & Artikel, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PATI TEMA “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 175–179. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5996
Dewi, E. S. (2011). engembangan Macromedia Flash 8 8 Sebagai Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Susunan Bumi siswa Kelas V SDN Kasin Malang.[UniversitasNegeriMalang].https://eprints.umm.ac.id/35617/4/jiptumm pp-gdl-fatwasucik-49362-4-babiii.pdf
Haidir dan Salim. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN (Rusmiati, Ed.; Pertama).Perdana Publishing.
Harahap, M. (2016). Esensi Peserta didik Dalam perspektif Islam. Jurnal Al- Thariqah,1(2),140–155. http://expert.uir.ac.id/panel_expert/expert_publikasi_file/IPBc523620355e4b0. pdf
Ida Malati Sadjati, drh, & Ed, M. (2017). Hakikat Bahan Ajar.https://pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/uploads/pdfmk/IDIK4009-M1.pdf
Iskandar, Wahyu. dkk. (2019). Konsep Pembelajaran Tematik (A Huda Nur, Ed.;Pertama). K-Media.
Mansur, M., & Kartini, K. (2021). Pengembangan Buku Pendamping Bahan Ajar Tematik Kelas III SD/MI Berbasis Kearifan Lokal Daerah Kalimantan Barat. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 68–84. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.161
Melihayatri, N., & Ramadan, Z. H. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL RIAU UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PEKANBARU. Journal of Elemantary School (JOES), 4(1), 64–72. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2216
Nasrudiin. (2011). Buku Kearifan Lokal Di Tengah Modernisasi (A. Makmur, Ed pertama). Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. https://www.slideshare.net/jonaediefendi/bukuearifanlokal#:~:text=Kearifan%
Ngurah Laba Laksana, D., Agus Wawan Kurniawan, P., Niftalia, I. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SD KELAS IV BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT NGADA. Jurnal Ilmiah Pendidikan CitraBakti,3(1),2355–5106. https://www.bing.com/search?q=PENGEMBANGAN+BAHAN+AJAR+TEMATIK+SD+KELAS+IV+BERBASIS+KEARIFAN+LOKAL+MASYARAKA
Punggeti, R. N. (2022). Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649
Punggeti, R. N., & Arifin, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Komik Sejarah Pancasila Pada Kelas Tinggi Di SDN Babalan Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 243. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.12144
Rochmadi, N. W. (2016). PENDALAMAN KURIKULUM 2013. http://ppl.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/07/PENDALAMANKURIKULUM- 2013.pdf
SAFITRI, D. N. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN I NGENEP KABUPATEN MALANG. http://etheses.uinmalang. ac.id/16550/
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (19th ed.). Alfabeta, CV.
Sukayati dan Wulandari, S. (2009). Modul Matematika SD Program BERMUTU (Waluyati. Astuti, Ed.; pertama). http://repositori.kemdikbud.go.id/7428/1/7.PEMBELAJARAN%20TEMATIK %20DI%20SEKOLAH%20DASAR.pdf
Suwatno. (n.d.). Makalah Pedoman Penulisan Buku Ajar. UPI. Retrieved April 10, 2022,fromhttps://fe.unj.ac.id/jamu/images/file/Makalah%20Pedoman%20Penulisan%20Buku%20Ajar.pdf
Suyatno. (2009). Struktur Narasi Novel karya Anak (pertama). Jaring Pena.
Wakil, P., Pendidikan, M., Bidang, K. R. I., Kementerian Pendidikan, P., & Kebudayaan, D. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 1 1. https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wa mendik.pdf.