PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI SUMENEP

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI SUMENEP

Authors

  • Dinda Putri Arifah Universitas Wiraraja
  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja
  • Ach. Puniman Universitas Wiraraja

Keywords:

Tematik; Kearifan Lokal.

Abstract

Di era digital sekarang sudah banyak prinsip – prinsip pendidikan budaya yang bergeser sehinggah menyebabkan banyak siswa yang tidak mengenali kearifan lokal daerahnya sendiri, oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang mampu  memberikan pengetahuan keterampilan literasi budaya daerah sendiri agar kearifan lokal agar tetap terjaga.Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal ini menjadi refrensi pembelajaran tambahan untuk  meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R & D ( Reasearch and Development ) dengan tahap penelitian model Borg and Gallyang telah di modifikasi oleh Sugiono yang terdiri dari 7 tahapan penelitian karena keterbatasan waktu biaya dan juga dampak dari pandemic covid-19.

Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal tema 8 subtema 2 kelas IV SD di Sumenep. (2) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal tema 8 subtema 2  kelas IV SD di Sumenep. Subjek penelitian ini adalah kelas IV  Sekolah Dasar.Instrumen pada penelitian ini berupa instrumen validasi produk dan  respon siswa, adapun skala analisis data yang digunakan yaitu skala likert dan skala guttman .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa :  (1) pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal layak. Hal ini terbukti dengan hasil validasi produk yang dilakukan oleh validator desain mendapatkan presentase 97,5%, sedangkan validator materi mendapatkan 96,8%, kemudian validator bahasa Madura mendapatkan nilai 97,2. Berdasarkan nilai presentase dari validasi produk maka produk pengembangan mendapatkan predikat sangat layak .(2) Haail penilaian respon peserta didik terhadap buku pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal menunjukkan angka dalam intervalyang sangat baik yaitu76%-100% yang menunjukkan bahwa buku pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dapat dinyatakan layak dan sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar.

References

Akhiruddin, dkk. (2019). BUKU BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2019 (Jalal,Ed.; Pertama). CV.CAHYA BINTANG CEMERLANG.

Alam, A., Dewi, K., Setiawan, H., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Bima Tema 8 Subtema 2 Untuk Kelas IV SDN INPRES RATO Tahun Pelajaran 2020/2021. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 188–199. https://jurnal.educ3.org/index.php

Asmorowati, D., Utomo, S., Surachmi, S., & Artikel, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PATI TEMA “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 175–179. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5996

Dewi, E. S. (2011). engembangan Macromedia Flash 8 8 Sebagai Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Susunan Bumi siswa Kelas V SDN Kasin Malang.[UniversitasNegeriMalang].https://eprints.umm.ac.id/35617/4/jiptumm pp-gdl-fatwasucik-49362-4-babiii.pdf

Haidir dan Salim. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN (Rusmiati, Ed.; Pertama).Perdana Publishing.

Harahap, M. (2016). Esensi Peserta didik Dalam perspektif Islam. Jurnal Al- Thariqah,1(2),140–155. http://expert.uir.ac.id/panel_expert/expert_publikasi_file/IPBc523620355e4b0. pdf

Ida Malati Sadjati, drh, & Ed, M. (2017). Hakikat Bahan Ajar.https://pustaka.ut.ac.id/lib/wpcontent/uploads/pdfmk/IDIK4009-M1.pdf

Iskandar, Wahyu. dkk. (2019). Konsep Pembelajaran Tematik (A Huda Nur, Ed.;Pertama). K-Media.

Mansur, M., & Kartini, K. (2021). Pengembangan Buku Pendamping Bahan Ajar Tematik Kelas III SD/MI Berbasis Kearifan Lokal Daerah Kalimantan Barat. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 68–84. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.161

Melihayatri, N., & Ramadan, Z. H. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL RIAU UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PEKANBARU. Journal of Elemantary School (JOES), 4(1), 64–72. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2216

Nasrudiin. (2011). Buku Kearifan Lokal Di Tengah Modernisasi (A. Makmur, Ed pertama). Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. https://www.slideshare.net/jonaediefendi/bukuearifanlokal#:~:text=Kearifan%

Ngurah Laba Laksana, D., Agus Wawan Kurniawan, P., Niftalia, I. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SD KELAS IV BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT NGADA. Jurnal Ilmiah Pendidikan CitraBakti,3(1),2355–5106. https://www.bing.com/search?q=PENGEMBANGAN+BAHAN+AJAR+TEMATIK+SD+KELAS+IV+BERBASIS+KEARIFAN+LOKAL+MASYARAKA

Punggeti, R. N. (2022). Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649

Punggeti, R. N., & Arifin, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Komik Sejarah Pancasila Pada Kelas Tinggi Di SDN Babalan Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 243. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.12144

Rochmadi, N. W. (2016). PENDALAMAN KURIKULUM 2013. http://ppl.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/07/PENDALAMANKURIKULUM- 2013.pdf

SAFITRI, D. N. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN I NGENEP KABUPATEN MALANG. http://etheses.uinmalang. ac.id/16550/

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (19th ed.). Alfabeta, CV.

Sukayati dan Wulandari, S. (2009). Modul Matematika SD Program BERMUTU (Waluyati. Astuti, Ed.; pertama). http://repositori.kemdikbud.go.id/7428/1/7.PEMBELAJARAN%20TEMATIK %20DI%20SEKOLAH%20DASAR.pdf

Suwatno. (n.d.). Makalah Pedoman Penulisan Buku Ajar. UPI. Retrieved April 10, 2022,fromhttps://fe.unj.ac.id/jamu/images/file/Makalah%20Pedoman%20Penulisan%20Buku%20Ajar.pdf

Suyatno. (2009). Struktur Narasi Novel karya Anak (pertama). Jaring Pena.

Wakil, P., Pendidikan, M., Bidang, K. R. I., Kementerian Pendidikan, P., & Kebudayaan, D. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 1 1. https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wa mendik.pdf.

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

Arifah, D. P., Punggeti, R. N., & Puniman, A. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI SUMENEP: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 2 PESERTA DIDIK KELAS IV SD DI SUMENEP. PROGRESIF, 1(1). Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/5