MENCETAK SARJANA MUSLIM YANG PROFESIONAL MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG TERINTEGRASI DI KAMPUS

Authors

  • Moh. Hasan Mahayudin Universitas Gresik

Keywords:

Sarjana; Profesional; Pendidikan; Islam; Kampus

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan, perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk membentuk peserta didik menjadi individu yang berkualitas dan siap berkontribusi dalam masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui penerapan Tridarma Perguruan Tinggi, yang mencakup tiga aspek utama: kegiatan pendidikan dan pengajaran, pelaksanaan penelitian, serta pemberian layanan kepada masyarakat. Pendidikan agama Islam di Perguruan Tinggi bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keimanan, ibadah, dan akhlak sebagai landasan moral yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nilai-nilai ini dirancang untuk diintegrasikan guna membekali mahasiswa dengan kemampuan profesional yang diperlukan dalam menjalankan tanggung jawabnya terhadap pembangunan bangsa. oleh karena itu Pendidikan agama Islam di perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam membentuk sarjana Muslim yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga profesional dan berkarakter islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh informasi mengenai peran pendidikan agama Islam di kampus dalam membentuk sarjana Muslim yang profesional. Data dikumpulkan dengan menelusuri berbagai literatur yang relevan, termasuk buku, jurnal, dan artikel yang memiliki keterkaitan dengan topik penelitian ini.

References

Amirah Al May Azizah. 2021. Integrasi Nilai-nilai Kesilaman dalam Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam.

Angkawijaya, Psikologi, and Pembangunan Jaya 2017.

Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam ( Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2008), h. 197).

Fadjar & Effendi, Dunia Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan, (Malang, P3UMM), 5-6.

Hilmi, M. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Pergulatan Pemikiran Cendekiawan Kontemporer. Al- Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(02), 251–269. Https://Doi.Org/10.37680/Adabiya.V15i02.268

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Cetakan kedua ( Jakarta: Logos, 1999), h. 65.

Oerip F.X., dan T.A. Oetomo, 2000. Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan. Grasindo, Jakarta.

Shahidin. 2003. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Negeri, Jakarta: Dikti . Proyek.

Sukartiningsih Naily Rohmah. 2019. Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Volume 9, Nomor 2.

T. Hasan & A. Barizi, Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, (PT . Raja Grafindo Persada, Jakarta: 2004), 107-108.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).

Suryadi, dkk. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). 1-21

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Moh. Hasan Mahayudin. (2024). MENCETAK SARJANA MUSLIM YANG PROFESIONAL MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG TERINTEGRASI DI KAMPUS. PROGRESIF, 2(2), 46–53. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/393