PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA KELOMPOK BERMAIN (KB) SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) TUBAN

Authors

  • Yuli Prayitno Univeristas Gresik
  • Adrijanti Univeristas Gresik
  • Etiyasningsih Univeristas Gresik

Keywords:

Peran guru, peran orangtua, perkembangan kemandirian siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana  perkembangan kemandirian anak dan sejauh mana ui peran  guru dan orangtua dalam mengembangkan kemandirian siswa di KB SPMAA Tuban Metode penelitian ini adalah  metode kualitatif, teknik pengunpulan  data dengan menggunakan :  1) Wawancara, 2) observasi dan, 3) dokumentasi, adapun  subyek dalam penelitian ini adalah  guru, orangtua dan 14 peserta didik. Sumber data dengan cara  sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi, sedangkan analisis data terbagi menjadi : reduksi data, penyajiann data  dan penarikan kesimpulan.  Adapun peran yang dilakukan orangtua dan guru dalam mengembangkan kemandirian anak yaitu bekerjasama berupaya dengan cara :  (1) menghadiri acara pertemuan sebelum pulang sekolah , (2) Berpartisipasi saat sedang mengadakan kegiatan , (3) Membantu belajar anak selama di rumah 

References

Anggito Albi, Johan Setiawan,”Metodologi Penelitian Kualitatif”, (Sukabumi: 2018),hal.8https://scholar.google.com/scholar?hl=id&ad_sdt=0/2C5&q=me todologi+penelitian+kualitatif&btnG=#d=gs_qabs&u=/23p/3D3v9zzStyQF YJ, diakses pada tanggal 24 Januari 2024 .

Anggun Kumayang Sarin, Nina Kurniah,dkk,”Upaya Guru Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini”, Jurnal Ilmiah Potensia vol.1, no.1 2016,

htpps://scholar.google.com/scholar/start=20&q=kemandirian+anakhl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=/23p/3D1v9FMjXezeMJ, diakses pada tanggal 16 Januari 2024

Adrijanti, dkk Model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalisasi kegiatan morning activity di KB Harapan Bunda Kkebomas Gresik Jurnal Jendela Pendidikan Universitas Gresik. Vol 11 no 1 tahun 2021.

https://journal .unigres.ac .id/ index.php/JendelaPendidikan/article/view/1587

Bathi H.K, Education Psychology (New Delhi: The Macimillen Company Or India Limited, 2020). 28.

Fatimah Rizkyani, Vina Andriany, Ernawulan Syaodih, Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru dan Orang Tua, Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, Edukids Voleme 16 No 2, 2019, 122

Ibid, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 145.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, “Model PenyelengaraanPendidikan Anak Usia Dini Terpadu Dengan perpustakaan Mainan”, (Medan: Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal Dan Informal Regional 1, 2021), 1.

Khotimul Husnul Tia, M. Syukri, dkk,” Kemitraan Antara Guru da Orang tua Dalam Mengembangkan Perilaku Mandiri Anak Di TK”, Artikel Program Studi PG-PAUD FKIP Untan Pontianak, 11,

https://scholar.google.co.ic/scholar?hl, 22 Januari 2024

Marzuki,”Kemitraan Madrasah Dan Orang tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Ibadah”, Institut Agama Islam Negeri Kendari Jurnal Al-Ta’dib, vol.10, no.2 (Juli:2017),

https://www.neliti.com/publications/235717/kemitraan-madrasah-dan-orang-tua-dalam-menanamkan-kedisplinan-ibadah-siswa-ma-as

diakses pada tanggal 20 Januari 2024

Marini Rini,”Penerapan Pola Asuh Orang tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak Usia Balita Di Lingkungan UPTD SKB Kota

Cimahi”, hal 11,

https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12510/1/skripsi_1503106009_Novia%20Istiqomah.pdf

diakses pada tanggal 20 Januari 2024

Naili Sa’ida, Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Jurnal Pedagogi Vo. 2 No 3, ( 2016 , h. 88-89

Nofianti Rita,”Dasar=dasar Pendidikan Anak Usia Dini”, Tasikmalaya:

Publisher, 2024

Nana Syaodih Sukmadinata, “Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019), 38

Pratiwi Dwi Nurfiyani,”Kemitraan Sekolah dan Orang tua dalam Penanaman kedisiplinan Ibadah Siswa”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.XIII, no.2,Desember2016, https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/132-02 diakses pada tanggal 14 Januari 2024

Ramadani Asri, Endang Sri Redjeki, dkk,”Kemitraan Orang tua dan Lembaga Pendidikan Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini Brkebutuhan Khusus”, Jurnal Pendidikan Nonformal vol.1, no.1 (Jurusan PLS FIP UM),

https://www.google.com/search?q=Kemitraan+Orang+tua+dan+Lembaga+Pendidikan+Dalam+Pengasuhan+Anak+Usia+Dini+Brkebutuhan+Khusus&rlz=1C1CHNY_enID1064ID1065&oq=Kemitraan+Orang+tua+dan+Lembaga+Pendidikan+Dalam+Pengasuhan+Anak+Usia+Dini+Brkebutuhan+Khusus&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOdIBCDIzODRqMGo3qAIIsAIB&sourceid=chrome&ie=UTF-8

diakses pada tanggal 20 Januari 2024 )

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2018), hlm. 124

Ulfa Naili Zakiyah,”Peran Orang tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar

Anak Usia Dini Di RA Sunan Giri Lembah Dolopo Madiun”, Institut Agama

IslamNegeriPonorogo:2020 https://scholar.google.com/scholar?hl=id7as_sdt=0/2C5&q=peran+orang+tua+dalam+meningkatkan+kemandirian+belajar+ anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qzbs&u=/23p/3D195hizA-kggJ, diakses pada tanggal 29 Januari 2024

S. Bariroh, “Penerapan sembilan pilar pendidikan karakter dan kebersihan, kerapian, kesehatan dan keamanan (k-4) di TK” https://jurnal.pcmkramatjati.or.id/index.php/JIPMUKJT/article/view/100 Vol. 4 No. 2 (2023) : Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Yuli Prayitno, Adrijanti, & Etiyasningsih. (2024). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA KELOMPOK BERMAIN (KB) SUMBER PENDIDIKAN MENTAL AGAMA ALLAH (SPMAA) TUBAN . PROGRESIF, 2(2), 78–84. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/341