MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Siti Bariroh Siti Bariroh Universitas Gresik
  • Elisatussya’bania Universitas Gresik
  • Ariel Teta Zulinar Universitas Gresik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis/pendekatan penelitian  berupa Studi Kepustakaan (Library ResearchTeknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw menjadikan siswa lebih aktif diskusi, pembelajaran dari siswa ke siswa karena adanya kelompok ahli. Model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika adalah model pembelajaran jigsaw karena dalam model pembelajaran jigsaw bisa: 1) diskusi bisa berjalan lebih aktif, 2) penyelesaian masalah tersampaikan kepada siswa mengingat matematika mata pelajaran yang tidak menghafal, 3) pembelajaran tidak hanya dari guru ke siswa, melainkan siswa ke siswa.

References

Brahim, Theresia K(2012). Pengertian Teori, Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Tipe, Teknik, Media, Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Hamna, H., & BK, Muh Khaerul Ummah. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres KassiKassi Kota Makassar. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1). [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556/ 485

Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 50-60. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari.(2012) Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. 2012.

Joyce, B., & Weil, M. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 1980.

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Laboro, Pertiwi(2010). Peningkatan Hasil Membaca Pemahaman melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif (Suatu Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 90 Kota Gorontalo). Tesis. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. 2010.

Lutfiyah, M., & Setyawan, A. (2020) Analisis Kemampuan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keleyan 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). [Online]. Available: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1021

Lie, Anita.(2008). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Muhsetyo Gatot, dkk. (2007).Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universita Terbuka.

Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229

Rusman(2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sharan, Shlomo.(2012). Handbook of Cooperative Learning, terjemahan Sigit Prawoto. Yogyakarta: Familia.

Setiyono, S., Muslim, A., & Irianto, S.(2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengumpulan Data Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 1 Sidareja. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 25-37. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.2514

Suartini, N. W. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. [Online]. Available: http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/1435

Suryani, S. (2020). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pajambon. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1). [Online]. Available: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.189

Suparni, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD negeri 1 Metro Timur. [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26829

Thoboroni.(2010).Muhammad dan Mustofa. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Yunus, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VI SDN 06 Indralaya Utara. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 16-26. [Online]. Available http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/arti cle/download/1030/574

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Siti Bariroh, S. B., Elisatussya’bania, & Ariel Teta Zulinar. (2024). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PROGRESIF, 2(2), 63–71. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/134