PENDIDIKAN SEKSUAL: KEBUTUHAN MENDESAK DI TENGAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Authors

  • Mazroatun Nisrin Universitas Gresik
  • Naylatus Surur Univeristas Gresik
  • Ahmad Thohirin Univeristas Gresik
  • Sri Sundari Univeristas Gresik

Keywords:

Pendidikan Seksual; Teknologi; Remaja

Abstract

Pendidikan seksual memiliki peran penting dalam membentuk kesejahteraan dan perkembangan remaja, terutama dalam konteks teknologi dan informasi yang terus berkembang pesat. Artikel ini membahas kepentingan kebutuhan pendidikan seksual di tengah kemajuan teknologi dan informasi, serta membahas berbagai aspek termasuk implementasi pendidikan seksual, dampak teknologi sebagai alat pendidikan seksual, dan dampak psikologis serta sosial dari pendidikan seksual. Pendidikan seksual bertujuan untuk memberikan para remaja pengetahuan dan keterampilan mengenai aspek kognitif, emosional, fisik, dan sosial dari seksualitas. Hal ini menekankan pentingnya melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan martabat remaja dengan menanamkan pengertian dalam diri untuk membangun hubungan sosial dan seksual yang sehat. Implementasi pendidikan seksual melibatkan pendidik dan orang tua dalam memahami rasa ingin tahu remaja, memberikan penjelasan yang sesuai dengan usia, dan mengintegrasikannya dengan kegiatan pembelajaran lainnya. Selain itu, konten kreatif di media sosial dan kelas online interaktif menjadi sarana efektif untuk memenuhi kebutuhan remaja dalam mengakses pendidikan seksual. Selain itu, pendidikan seksual memiliki dampak psikologis dan sosial yang mendalam dengan meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri, memperkuat hubungan interpersonal yang positif, dan mengurangi stigma terkait seksualitas. Namun, tantangan seperti sensitivitas budaya dan perbedaan individu menuntut pendekatan yang disesuaikan dalam pendidikan seksual. Sebagai kesimpulan, pendidikan seksual sangat penting di era modern ini, membutuhkan kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan pemerintah untuk hasil yang diinginkan.

 

References

AMREF Health Africa. (2018). Impact report: Community-based sexuality education in Kenya. AMREF Health Africa.

Brown, J. D., Halpern, C. T., & L'Engle, K.

L. (2016). Mass media as a sexual super peer for early maturing girls. Journal of Adolescent Health, 58(1), 63-65

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2017). Teen pregnancy prevention:Evidence-based programs.Diakses dari https://www.cdc.gov.

Eisenberg, M. E., Bernat, D. H., Bearinger, L. H., & Resnick, M. D. (2013). Support for comprehensive sexuality education: Perspectives from parents of school-age youth. Journal of Adolescent Health, 52(5), 565-571.

Goldfarb, E. S., & Lieberman, L. D. (2021). Three decades of research: The case for comprehensive sex education. Journal of Adolescent Health, 68(1), 13-27.

Guttmacher Institute. (2017). Sex and HIV education. Diakses dari https://www.guttmacher.org.

Jones, K., Eassey, J., Caffery, L., Banbury, A., & L’Estrange, K. (2019). Mobile applications for women’s health and midwifery care: A scoping review of research. International Journal of Medical Informatics, 130, 103944.

Kirby, D., Laris, B. A., & Rolleri, L. (2007). Sex and HIV education programs: Their impact on sexual behaviors of young people throughout the world. Journal of Adolescent Health, 40(3), 206-217.

Markham, C. M., Tortolero, S. R., Peskin, M. F., Shegog, R., Thiel, M., & Baumler, E. (2014). Sexual risk avoidance and sexual risk reduction interventions for middle school youth: A randomized controlled trial. Journal of Adolescent Health, 54(3), 313-319.

Planned Parenthood League of Massachusetts. (2019). Get Real: Comprehensive sex education that works. Planned Parenthood League of Massachusetts.

Public Health Institute of Finland. (2017). Evaluation of the Finnish national curriculum for sexuality education. Public Health Institute of Finland.

Rutgers WPF. (2016). Sexuality education in the Netherlands: An inventory of current practices and outcomes. Rutgers WPF.

Santelli, J. S., Kantor, L. M., Grilo, S. A., Speizer, I. S., Lindberg, L. D., Heitel, J., ... & Ott, M. A. (2017). Abstinence- only-until-marriage: An updated review of US policies and programs and their impact. Journal of Adolescent Health, 61(3), 273-280.

UNESCO. (2019). Comprehensive sexuality education: The challenges and opportunities of scaling-up. UNESCO Publishing.

UNESCO. (2021). Digital learning during COVID-19: The role of technology in ensuring the continuity of learning. UNESCO Publishing.

World Health Organization. (2018). Global accelerated action for the health of adolescents (AA-HA!): Guidance to support country implementation. World Health Organization.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Mazroatun Nisrin, Naylatus Surur, Ahmad Thohirin, & Sri Sundari. (2024). PENDIDIKAN SEKSUAL: KEBUTUHAN MENDESAK DI TENGAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI. PROGRESIF, 2(2), 44–53. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/117