EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MALANG

Authors

  • Ema Rahmawati Universitas Islam Malang
  • Dyah Werdiningsih Universitas Islam Malang
  • Moh Badrih Universitas Islam Malang

Keywords:

efektivitas, keterampilan menulis cerpen, Media Articulate Storyline

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design. Desain  penelitian  yang  digunakan  yaitu  One-Group Pretest-Posttest Design   yaitu   eksperimen   yang  dilaksanakan pada  satu  kelompok  saja  tanpa  kelompok  pembanding.  Pada desain   ini  menggunakan  pretest   sebelum   diberi   perlakuan. Dengan demikian,hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena   dapat   membandingkan   keadaan   sebelum   perlakuan. Populasi    dalam    penelitian   ini   adalah   jumlah keseluruhan siswa kelas XI IPS SMAN 3 Malang, yaitu 408 yang mencangkup 12 kelas. Pengambilan sampel  yang digunakan adalah purposive rondom sampling  atau  acak  karena  terdiri dari 12 kelas dan yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini   adalah  kelas XI J3   yang   berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif  menunjukkan    bahwa    rata-rata    hasil    belajar   keterampilan menulis cerpen sebelum   penerapan Media Articulate Storyline adalah  56.97 sedangkan  rata-rata  hasil  belajar  keterampilan menulis cerpen setelah penerapan media Articulate Storyline adalah 90,16.  peningkatan ketercapaian kompetensi pengetahuan dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan uji N-gain Score menunjukkan bahwa, nilai rata-rata hasil observasi N-gain Score (penggunaan media Articulate Storyline) adalah 78,1 termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai N-gain score minimal 32,14 dan score maksimal 94,26. Hal ini membuktikan bahwa pada pembelajaran menulis cerpen menggunakan media Articulate Storyline ini siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mampu mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah dimilikinya.

References

Ahmadi, LK, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Lolang, E. (2014). Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 685-695.

Cahyanti, H. I. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Articulate Storyline Untuk Mendukung Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas XI Dalam Memproduksi Cerpen Di SMA NEGERI 3 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Malang

Fathurrohman, dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Fikri, S., Mayong, M., & Hajrah, H. (2019). Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Pangkep (Universitas Negeri Makassar).

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Jurnal Raudhah, 5(2).

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Deepublish.

Rabiatul, Aisyah. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Lagu TerhadapPembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 8 Gowa Kabupaten Gowa Kecamatan Bontomarannu. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Werdiningsih, D. (2015). Strategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1).

Werdinigsih, D., Zuhairi, A., Badrih, M., & Osman, Z. (2021). The Role of the Dynamics of Critical Thinking and Metacognitive Ability in the Successful Learning of Indonesian High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(11), 370-379.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Ema Rahmawati, Dyah Werdiningsih, & Moh Badrih. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MALANG. PROGRESIF, 2(2), 25–35. Retrieved from https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/112