Pemberdayaan Literasi Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Batik Wedani di Sekolah Dasar Gresik
Keywords:
literasi; pembelajaran kontekstual; kearifan local; Batik Wedani; sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal Batik Wedani dalam meningkatkan literasi siswa sekolah dasar di Desa Wedani, Gresik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Batik Wedani dalam pembelajaran literasi mampu meningkatkan minat, keterlibatan, dan kemampuan literasi siswa. Guru dan masyarakat juga menunjukkan respons positif terhadap penerapan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal terbukti menjadi pendekatan efektif untuk membangun identitas budaya serta memberdayakan literasi siswa secara holistik.