STRATEGI PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM ASISTENSI MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 32
Keywords:
asistensi mengajar; aktivitas belajar; pendampingan mahasiswa; SMP Negeri 32 Gresik; Merdeka Belajar Kampus MerdekaAbstract
Artikel ini membahas strategi pendampingan mahasiswa dalam program asistensi mengajar di SMP Negeri 32 Gresik yang bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran mahasiswa sebagai pendamping guru dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan kondusif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen yang melibatkan mahasiswa pendamping, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendampingan yang meliputi penggunaan media pembelajaran interaktif, pendekatan personal kepada siswa, dan kolaborasi intensif dengan guru berdampak positif terhadap peningkatan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Pembahasan menyoroti pentingnya sinergi antara mahasiswa dan guru serta adaptasi metode pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa pendampingan mahasiswa efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 32 Gresik dan direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran aktif dan penguatan peran mahasiswa dalam pendidikan dasar dan menengah.
References
Husni Sabil, A., Fadilah, N., & Rahmat, R. (2022). Pengaruh pelatihan penggunaan aplikasi virtual asisten terhadap minat belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 145-156.
Kurniasari, D. (2023). Pendekatan personal dalam pembelajaran: Strategi meningkatkan partisipasi siswa pasif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 78-89.
Maulida, R. (2023). Peran mahasiswa dalam adaptasi teknologi pembelajaran digital di era pembelajaran hybrid. Jurnal Pendidikan Digital, 8(3), 101-110.
MBKM. (2024). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Integrasi mahasiswa dalam sistem pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Nurhasanah, S., & Nopianti, R. (2021). Pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(4), 210-220.
Pratiwi, A. (2020). Pengembangan soft skills melalui kegiatan pramuka di sekolah menengah. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 12(2), 95-104.
Purnamasari, D. (2019). Pengaruh kegiatan pramuka terhadap karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 45-53.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.10
Salsa Adinda Rizki. (2023). Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 30-40.
Wilujeng Suryani, S., Dewi, L. K., & Putri, N. A. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Multimedia, 9(2), 120-130.
Zher, L. (1996). Collaborative learning models and their impact on student engagement. Journal of Educational Research, 89(3), 145-153.


